Peluang Mendaftar SMUP Sarjana Jalur Prestasi Masih Terbuka

Wakil Ketua Pelaksana Ujian Online SMUP Inu Isnaeni Sidiq, M.A., Ph.D., (kanan) bersama Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., PhD, menjadi pembicara pada talkshow “Ayo Kenal Unpad” yang digelar secara daring, Jumat (10/6/2022). (Foto: Arif Maulana)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran masih membuka kesempatan pendaftaran mahasiswa baru melalui SMUP Sarjana Jalur Prestasi. Pendaftaran dapat dilakukan hingga 30 Juni 2022.

“Peserta mendaftar online secara mandiri di website SMUP setelah itu baru kita lakukan verifikasi dokumen secara daring maupun luring,” ujar Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., Ph.D dalam “Ayo Kenal Unpad” yang digelar secara daring, Jumat (10/6/2022).

Anas menjelaskan, penilaian dokumen prestasi ini akan dilihat dari level penyelenggara kompetisi, jens medali prestasi, indeks jenis prestasi, nilai UTBK, dan hal penting lainnya.

“Selain itu akan dilakukan verifikasi faktual melalu portofolio prestasi yang telah adik-adik masukan,” jelas Anas.

Adapun jenis prestasi yang diterima fokus ke empat bidang, yaitu prestasi sains, seni, olahraga, serta penghafal kitab suci atau prestasi keagamaan lainnya. Prestasi ini didapat dari penyelenggaraan kompetisi dari sejumlah lembaga ternama di level nasional atau internasional.

Wakil Ketua Pelaksana Ujian Online SMUP Inu Isnaeni Sidiq, M.A., Ph.D mengatakan bahwa Jalur Prestasi ini hanya diperuntukan untuk peserta yang lulus SMA di tahun 2022. Seleksi yang dilakukan berdasarkan gabungan prestasi non akademik dan kemampuan akademik.

“Memang prestasi mendapatkan penekanan yang lebih besar daripada nilai akademik, tetapi tetap kita ingin menjaga supaya SDM yang masuk ke dalam Unpad itu tidak hanya melalui prestasi non-akademik tetapi juga dia bisa mengikuti kegiatan akademiknya juga sehingga dia memiliki keseimbangan antara prestasi akademik dan non akademik,” ujar Inu.

Dikatakan Inu, mahasiswa jalur prestasi akan terus dilakukan pembinaan dan diharapkan mereka dapat berkomtitmen untuk mau berkontribusi untuk peningkatan prestasi kemahasiswan Unpad.

“Mari bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan prestasi kemahasiswaan unpad di level nasional dan internasional,” ajak Inu.

Informasi lengkap mengenai SMUP Jalur Prestasi ini dapat dilihat di laman SMUP. (arm)*

Share this: