Suasana kunjungan studi banding dari Universitas Brawijaya ke kampus Universitas Padjadjaran di Ruang Rapat Bersama Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (23/6/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Universitas Brawijaya (UB). Kunjungan dilakukan dalam rangka studi banding mengenai aktivitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan PTN Badan Hukum.

Kunjungan tersebut diterima secara resmi oleh Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Prof. Dr. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., CN., beserta Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Ahmad Baihaqi, M.T., Kepala Kantor Komunikasi Publik Dandi Supriadi, M.A., (SUT), PhD, dan staf pelaksana PPID Unpad Marlia, S.Sos., di Ruang Rapat Bersama Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (23/6/2022).

Koordinator pelaksana PPID UB Zulfaidah Penata Gama, PhD, menjelaskan, sebagai perguruan tinggi yang baru ditetapkan menjadi PTN Badan Hukum, UB memerlukan pendampingan dalam hal melakukan keterbukaan informasi publik.

“Kami masih baru PTN BH, sehingga kami ingin banyak belajar bagaimana pengelolaan PPID, utamanya di Unpad,” kata Zulfaidah.

Menurut Zulfaidah, ada beberapa agenda yang UB ingin pelajari dari Unpad. Hal pertama mengenai struktur organisasi PPID di Unpad dan PTN BH pada umumnya. “Kami ingin mengetahui apakah dengan unit lainnya, seperti Kehumasan dan lain-lain, masuk dalam satu struktur PPID ataukah terpisah,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengetahui mengenai survei kepuasan masyarakat serta pengelolaan Unit Layanan Terpadu (ULT) Unpad. “ULT Unpad sudah terkenal dan menjadi panutan banyak universitas. Kami ingin banyak belajar mengenai bagaimana pengelolaan ULT di Unpad,” tuturnya.

Mengenai struktur organisasi PPID di Unpad, Prof. Isis Ikhwansyah menjelaskan, struktur organisasi di Unpad mengacu pada struktur yang diminta untuk PPID. Untuk itu, dalam pelaksanaannya, pengelolaan PPID Unpad memiliki bidang-bidang yang memiliki peran dan tugasnnya masing-masing.

Prof. Isis memastikan bahwa pengelolaan PPID di Unpad mengacu pada aturan dan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. “Untuk layanan informasi, kita betul-betul semua dokumen dan SOP segala macam dilengkapi,” kata Prof. Isis.

Sementara itu, Ahmad Baihaqi mengatakan, kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara pengelola PPID di Unpad dan UB. “Melalui pertemuan ini, kita (Unpad) juga bisa mendapatkan inside dan saling mengutip ide. Karena kunci keterbukaan layanan publik adalah kolaborasi,” ujarnya.*

Share this: