Unpad Jalin Kerja Sama dengan Unitar International University, Malaysia

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menunjukkan dokumen Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani dengan Vice Chancellor Unitar International University Prof. Emeritus Tan Sri Dato’ Sri Ir. Dr. Sahol Hamid bin Abu Bakar secara virtual, Kamis (30/6/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan Universitas Tun Abdul Razak atau Unitar International University, Malaysia, dalam hal penyelenggaraan program pendidikan bersama.

Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Vice Chancellor Unitar International University Prof. Emeritus Tan Sri Dato’ Sri Ir. Dr. Sahol Hamid bin Abu Bakar secara virtual, Kamis (30/6/2022).

Ada dua rencana kerja sama yang akan dilakukan dengan Unitar. Kerja sama pertama adalah pengajaran bersama (joint teaching) antara program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad dengan prodi Akuntansi di Unitar.

Melalui program ini, masing-masing akan menawarkan satu mata kuliah yang pengajarnya adalah gabungan dosen FEB Unpad dan Unitar. Seluruh aktivitas perkuliahan dilaksanakan secara daring.

Sementara kerja sama kedua adalah program pertukaran mahasiswa. Mahasiswa Unpad dapat mengambil sebagian mata kuliah yang dibuka di Unitar. Nilai dari mata kuliah yang diambil dapat dikonversi sebagai mata kuliah di Unpad.

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan, Unpad mengapresiasi kerja sama yang dilakukan dengan Unitar. “Unitar merupakan salah satu perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di Malaysia yang menyelenggarakan pembelajaran virtual,” kata Rektor.

Karena itu, melalui kerja sama ini, Unpad juga dapat mencontoh Unitar dalam melaksanakan pembelajaran hybrid. Hal ini bertujuan untuk memperkuat upaya Unpad menjadi hybrid university.

“Kami berharap dengan memanfaatkan teknologi, kami dapat memberikan lebih banyak kesempatan di bidang pendidikan. Misalnya, pertukaran mahasiswa dan dosen secara daring, atau partisipasi dalam konferensi atau seminar, joint course, dan bisa membuka double degree atau joint degree,” kata Rektor.

Sementara Prof. Hamid mengatakan, Unitar sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan Unpad pada bidang pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, riset bersama, muhibah budaya, penyelenggaran seminar dan pelatihan bersama, hingga konsultasi kurikulum dan kerja sama strategis lainnya.*

Share this: