Fapet Unpad Beri Pelatihan Pemberian Pakan Ternak ke Masyarakat Desa Cinanjung, Sumedang

Suasana pelatihan
Suasana pelatihan tata laksana pemberian pakan ternak pada domba dan hijauan rumput untuk pakan domba kepada masyarakat dan kelompok ternak di Aula Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Kamis (14/7/2022).

[Kanal Media Unpad] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran memberikan pelatihan tata laksana pemberian pakan ternak pada domba dan hijauan rumput untuk pakan domba kepada masyarakat dan kelompok ternak di Aula Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Kamis (14/7/2022).

Pelatihan digelar sebagai implementasi pelaksanaan KKN-PPM Unpad 2022, serta kerja sama Fapet Unpad dengan Pemerintah Desa Cinanjung, Tanjungsari, Sumedang. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari dosen Fapet Unpad, yaitu Dr. Ir. Iman Hernaman, M.Si., IPU, Dr. Ir. Budi Ayuningsih, M.S., Dr. Iin Susilawati, M.P., dan Urip Rosani, M.Si.

Sekretaris Desa Cinanjung Cucu Karya mengatakan, pelatihan ini merupakan wujud dari kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya bidang peternakan dan pertanian, kerja sama antara Fapet Unpad dengan Pemdes Cinanjung.

“Harapannya, pelatihan ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas peternak di Desa Cinanjung, terutama dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi peternak breeding dan penggemukan,” kata Cucu dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Pada pemaparannya, Iman Hernaman mendorong masyarakat yang beternak domba untuk menetapkan tujuan spesifiknya, seperti pembibitan, breeding, atau penggemukan. Hal ini diperlukan agar masyarakat dapat memilih bibit ternak domba yang bagus, manajemen pakan dan kandang yang bagus, hingga menyesuaikan dengan potensi lokal yang ada.

“Pemberian pakan dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dapat meningkatkan berat domba. Dan dalam pemilihan pakan domba haruslah tepat protein, nutrien, dan energi” ujarnya.

Sementara Iin Susilawati menjelaskan materi mengenai macam-macam rumput untuk pakan ternak, tata cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi mulai dari perencanaan, penyiapan peralatan dan bahan, serta langkah membuat pakan.

“Hijauan pakan berperan sangat penting baik secara strategis maupun teknis dalam upaya mengembangkan ternak ruminansia. Sebagai sumber utama serat kasar, pakan hijauan dari jenis rumput dan legume mampu mensuplai kebutuhan protein bagi ternak sapi untuk hidup pokok, pertumbuhan, produksi daging dan reproduksi.”ujar Iin. (rilis)*

Share this: