Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti melepas secara simbolis mahasiswa peserta KKN-PPM Integratif Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 secara virtual, Senin (4/7/2022).*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti melepas secara virtual peserta KKN-PPM Integratif Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 pada Senin (4/7/2022). KKN periode ini akan diikuti oleh 2.951 peserta dengan 200 dosen pendamping lapangan, mulai 4 Juli hingga 4 Agustus 2022.

Pelaksanaan KKN kali ini memiliki tiga bentuk, yaitu KKN Integratif Hibah Riset Unpad, KKN PPM Integratif dengan Literasi Digital, dan KKN Bulan Imunisasi Anak Nasional Integratif (BIAN) dengan Literasi Digital. Pelaksanaan KKN ini Unpad bekerja sama dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi RI dan  UNICEF.

“Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dibimbing dengan dosen, seyogianya bisa hidup bersama masyarakat. Tidak hanya bertemu, tetapi juga bisa menghayati bagaimana mereka beraktivitas, terutama dalam pengamatan berkaitan dengan kemampuan literasi digital, imunisasi, dan hasil riset,” ujar Rektor.

Rektor mengharapkan, mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater dan kesan positif di masyarakat sekitar. KKN ini juga diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

“Salah satu indikator KKN, seberapa banyak penyampaian maksud baik KKN ini bisa diterima dan menginspirasi masyarakat,” kata Rektor.

Selain itu, Rektor juga berharap, kerja sama dengan mitra dapat terus berlanjut.

“Terima kasih untuk para mitra kerja Universitas Padjadjaran. Insyaallah KKN tematik ini akan sukses dan berlanjut,” kata Rektor.

Sementara itu Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D., mengungkapkan bahwa KKN akan dilaksanakan tersebar di 10 Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

KKN akan dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten bandung Barat, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, kabupaten Ciamis, Pangandaran, Kabupaten Karawang, Kabupaten subang, kabupaten sukabumi dan Kabupaten Sumedang.

“Semoga kegiatan KKN dapat berlangsung dengan lancar dan sukses dan mudah-mudahan dengan KKN ini kita bisa memberikan kotribusi kepada masyarakat banyak,” harap Fahmi.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Informasi dan Komunikasi Dr. Ir. Bonifasius W. Pudjianto, M.Eng., mengatakan bahwa saat ini Kemenkominfo RI tengah berupaya mendorong masyarakat agar memiliki kemampuan literasi digital.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong peningkatan dan pemerataan literasi digital di masyarakat Indonesia adalah dengan bekerja sama dengan perguran tinggi,” ungkap Bonafisius.

Bonafisus mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama program tersebut dijalankan dengan Unpad dan diharapkan dapat berjalan lancar.

“Semoga Bapak Ibu dosen pendamping lapangan, para mahasiswa, dapat memanfaatkan program literasi digital ini untuk membangun masyarakat Indonesia makin cakap digital,” harapnya.

Sementara terkait program imunisasi, ini merupakan kali kedua kerja sama antara UNICEF dan Unpad melalui kegiatan KKN. Health Specialist UNICEF Dr. Armunanto mengatakan bahwa kolaborasi Unpad dan UNICEF ini diharapkan dapat menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional khususnya di Jawa Barat.

“Sehingga dengan kita bergandengan tangan, bergotong royong, bisa  mewujudkan perlindungan anak dari penyakit yang bisa dicegah oleh imunisasi,” kata Dr. Armunanto.(arm)*

Share this: