Unpad Gelar FGD Teknis Pemilihan Mitra Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) “Pembahasan Teknis Pemilihan Mitra Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah” di Ruang Auditorium Unpad Training Center (UTC) Jalan Ir. H. Djuanda No. 4 Bandung, Senin (11/7/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar Focus Group Discussion (FGD) “Pembahasan Teknis Pemilihan Mitra Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah” di Ruang Auditorium Unpad Training Center (UTC) Jalan Ir. H. Djuanda No. 4 Bandung, Senin (11/7/2022).

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa pembahasan penting dalam FGD ini mengenai aset yang akan dimanfaatkan untuk mendukung BMN Unpad dalam menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi secara lebih berkualitas serta terjangkau oleh masyarakat.

“FGD hari ini mudah-mudahan membawa solusi,” harap Rektor.

Rektor mengatakan, Unpad berkomitmen mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya mengenai pemanfaatan BMN.  Jika masih ada dasar hukum yang perlu dibahas, FGD ini diharapkan dapat membawa solusi. Selain itu, diskusi ini pun diharapkan dapat membawa pencerahan bagi PTN Badan Hukum lainnya.

“Mungkin ini adalah awal yang tidak mudah karena contohnya memang belum banyak, oleh karenanya solusi di FGD ini nampaknya akan menjadi angin segar bagi PTNBH yang lain,” kata Rektor.

Panitia FGD Prof. Dr. Ace Tatang Hidayat, S.Si., M.Si. mengatakan bahwa kegiatan ini dihadiri tim Unpad dari pengembangan kerja sama pemanfaatan lahan untuk kampus Unpad di Jalan Dipati Ukur No. 46 serta tim pengembangan RSPTN di Jatinangor.

Dikatakan Prof. Ace, Unpad sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan tentang pemanfaatan lahan untuk lahan BMN Unpad.

Pemanfataan lahan ini berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 115 Tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 213 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemanfaatan Barang Milik Negara.

“Dalam rangka implementasi tentang  pemilihan mitra, kami Universitas Padjadjaran dalam tahap persiapan ini kami sudah siap membuat dokumen yang dipersyaratkan  atau yang diatur dalam PMK 115,” ujar Prof. Ace.

Diskusi ini menghadirkan narasumber Kepala Biro Hukum Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Dian Wahyuni, Pejabat dari Layanan Pengadaan dan Pengelolaan BMN Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dan Pejabat dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.(arm)*

Share this: