Kelompok KKN Unpad Ajak Remaja Putri Aktif Cegah Stunting

Kelompok mahasiswa KKN-PPM Integratif Universitas Padjadjaran menggelar sosialisasi peran remaja putri dalam mencegah stunting yang digelar di SMA PGRI 1, Bandung, Sabtu (30/7/2022) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Kelompok mahasiswa KKN-PPM Integratif Universitas Padjadjaran dengan dosen pembimbing lapangan Prof. Dr. Arlette Setiawan, drg., Sp.KGA, Subsp. AIBK(K), M.Si, FSCDA, FiADH menggelar kegiatan sosialisasi pemberdayaan remaja putri dalam pencegahan stunting yang digelar di SMA PGRI 1, Bandung, Sabtu (30/7/2022) lalu.

Bekerja sama dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Pengda Jabar, kegiatan ini mengusung tema “Pemberdayaan Remaja Putri dalam Pencegahan Stunting: Senyum Sehat Remaja Putri untuk Generasi Lebih Baik”. Kegiatan ini diikuti 73 murid putri SMA PGRI 1 Bandung.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, sosialisasi ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu: Dosen Fakultas Keperawatan Unpad Neti Juniarti, S.Kep, M.Kes., M.Nurs, PhD, Dosen FKG Unpad Dr. Ratna Indriyanti, drg., So.KGA, Subsp. KKA(K), serta praktisi dokter gigi anak Henri Hartman, drg., Sp.KGA.

Neti membawakan materi mengenai “Pentingnya Perilaku Sehat Remaja Putri”, sedangkan Ratna membawakan materi “Pentingnya Perilaku Sehat Gigi dan Mulut Remaja Putri”, dan Henri membawakan materi “Pakai Behel Sembarangan, Gigi pun Melayang”.

Selain diskusi, tim KKN juga menyediakan sesi konsultasi yang difasilitasi 84 dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak. Sesi konsultasi dilakukan melalui enam ruang breakout pada aplikasi Zoom.

Sesi konsultasi tersebut diikuti pelajar putri dengan antusias. “Kebanyakan dari mereka bertanya mengenai hubungan stunting dan anak remaja, serta hubungan kesehatan gigi dengan stunting,” kata Prof. Arlette.

Lebih lanjut Prof. Arlette menjelaskan, acara ini memang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai stunting. Sebagai “kader” yang akan melahirkan generasi penerus bangsa, para remaja putri perlu diberikan pengetahuan dini mengenai stunting dan bagaimana peran mereka mendukung pemerintah dalam mengurangi dan mencegah stunting di Indonesia.

Hal tersebut juga dibenarkan Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg., Sp.KG., , pemerintah saat ini sedang menggalakan program pencegahan stunting, tetapi sama sekali tidak menyinggung tentang kesehatan gigi sejak dini. Hal ini patut dimulai dari sekarang agar dapat memberikan masukan pada pemerintah.

Kegiatan KKN-PPM Integratif ini merupakan bagian dari tema penelitian Academic Leadership Grants (ALG) Prof. Arlette yang berjudul “Aspek Pertumbuhan-Perkembangan Rahang serta Pendekatan Keluarga dalam Deteksi Dini dan Pencegahan Stunting”. (rilis)*

Share this: