Menlu Retno Marsudi: Indonesia Harus Aktif Jadi Solusi Terhadap Dinamika Dunia

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberikan Kuliah Umum Politik Luar Negeri RI “Indonesia dan Dinamika Dunia” secara daring dan diikuti serentak oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Jumat (19/8/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa Indonesia harus berkontribusi aktif sebagai bagian dari solusi terhadap dinamika dunia. Hal tersebut disampaikan Retno dalam Kuliah Umum Politik Luar Negeri RI “Indonesia dan Dinamika Dunia” yang digelar secara hybrid, Jumat (19/8/2022).

“Indonesia harus tumbuh menjadi negara stabil, makmur, berkeadilan bagi semua, dan mampu terus berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai dengan mandat konstitusi kita. Semua ini tidak akan tercapai tanpa dukungan penuh dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat termasuk rekan-rekan sivitas akademika,” kata Retno Marsudi.

Pada kesempatan tersebut, Retno Marsudi mengatakan bahwa peringatan hari kemerdekaan adalah momentum refleksi sekaligus momentum untuk memperteguh komitmen kebangsaan.

“Di peringatan ini akan baik jika kita dapat melihat kondisi dunia saat ini, tantangan yang  kita hadapi bersama, dan bagaimana posisi Indonesia di tengah dunia, dan apa yang dapat kita lakukan agar Indonesia tetap menjadi bangsa yang terhormat dan bermartabat,” ujarnya.

Dikatakan Retno, dunia saat ini berada dalam situasi yang penuh ketidakpastian, penuh dinamika, dan banyak tantangan. Pandemi Covid-19 belum usai, saat ini dunia dihadapkan dengan munculnya virus cacar monyet. Selain itu, masih berlangsungnya perang di Ukraina dan rivalitas antar kekuatan besar pun semakin menajam.

“Di tengah dunia yang semakin sulit ini tentu kita tidak dapat berdiam diri. Indonesia harus berkontribusi aktif sebagai  bagian dari solusi,” kata Retno Marsudi.

Kuliah umum yang diselenggarakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-77 Kemenlu RI ini dilaksanakan serentak di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Di Unpad, acara ini diselenggarakan di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, dan diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat.

Acara ini juga menjadi bagian dari kegiatan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad dalam memeriahkan Lustrum XIII Unpad.

Kuliah umum ini diisi oleh pembicara dari Kemenlu RI, yaitu Direktur Kerja Sama Forum ASEAN Berlianto Situngkir dan Direktur Afrika Dewi Justicia Mediawaty.

Dalam sambutannya, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa dunia pendidikan saat ini melakukan adaptasi  dalam menghadapi berbagai dinamika dunia.

“Kita pun merasa pendidikan melakukan adaptasi yang betul-betul kami pandang relevan dengan perubahan dinamika yang ada di dunia,” kata Rektor.

Rektor berharap kuliah umum ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan menjadikan mereka pemimpin masa depan.

“Mudah-mudahan dari kuliah pagi ini kita bangkit untuk menjadi sumber daya manusia unggul bagi Indonesia kita tercinta,” harap Rektor. (arm)*

Share this: