Oorange Unpad dan Kemenkop UKM RI Gelar Bootcamp Tingkatkan Kapasitas Startup

Direktur Pusat Inkubator Bisnis/Oorange Universitas Padjadjaran Rivani, S.IP, MM, DBA., membuka kegiatan “Bootcamp Transforming Small Business Perpetrator to become Digital Talent” kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI di Hotel Grand Tebu, Bandung, Senin (15/8/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Untuk meningkatkan kapasitas usaha rintisan (startup), khususnya di Jawa Barat, Pusat Inkubator Bisnis/Oorange Unpad bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI menyelenggarakan “Bootcamp Transforming Small Business Perpetrator to Become Digital Talent” di Hotel Grand Tebu, Bandung, 15-17 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 18 tim startup digital yang telah melalui serangkaian seleksi ketat, seperti seleksi berkas, wawancara, dan finalisasi.

Direktur Oorange Unpad Rivani, S.IP, MM, DBA., mengatakan, saat ini keterampilan digital menjadi salah satu keterampilan yang krusial dimiliki, termasuk bagi startup. Keterampilan digital diperlukan bukan hanya untuk dapat bertahan di tengah pandemi, tetapi juga untuk pengembangan usaha rintisan menjadi lebih baik.

“Keterampilan digital jadi satu keterampilan yang krusial untuk bagaimana tidak hanya survive tetapi juga pengembangan startup kita untuk berdampak jauh lebih baik ketika pandemi bahkan pasca pandemi,” kata Rivani saat membuka kegiatan, Senin (15/8/2022).

Kegiatan Bootcamp ini menghadirkan para narasumber ahli dari Unpad dan praktisi bisnis digital. Materi diberikan untuk menambah wawasan peserta sehingga usahanya dapat tumbuh dan berkembang.

“Kami mengombinasikan para mentornya dari akademisinya ada, dan juga dari praktisinya juga ada,” kata Rivani.

Rivani pun berharap kegiatan ini dapat memberikan hasil positif bagi perkembangan usaha rintisan peserta, serta konsumen atau masyarakat pada umumnya. Acara ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan peserta untuk meningkatkan jejaring.

Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM RI Christina Agustin, A.Pi., M.M. mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka melahirkan startup berkaulitas yang memiliki inovasi dan berbasis teknologi.

“Harapan kami, program ini dapat meningkatkan kualitas para usaha rintisan, yaitu menjadi startup yang lebih unggul, lebih kreatif, berbasis teknologi, kemudian memiliki usaha-usaha yang berkelanjutan,” harap Christina.

Christina mengatakan, bootcamp ini merupakan kick off dari seluruh rangkaian kegiatan peningkatan kapasitas start up di Jawa Barat yg dilaksanakan hingga akhir November 2022 mendatang. Setelah bootcamp, para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan lanjutan, yaitu coaching clinic, workshop, dan demo day.

“Jadi harapan kami dengan didampingi oleh lembaga inkubator dari Oorange, peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dapat mengimplementasikan materi-materi dengan baik, kemudian dapat menghasilkan produk-produk yang terbaik,” harap Christina. (arm)*

Share this: