Unpad Jalin Kerja Sama Tridarma dengan PT. Pos Indonesia

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menerima cendera mata dari Direktur Utama PT. Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi berupa prangko khusus bergambar wajah Rektor Unpad yang diberikan pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman yang digelar di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu (24/8/2022). (Foto: Arif Maulana)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan PT. Pos Indonesia dalam hal pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang digelar di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu (24/8/2022).

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Direktur Utama PT. Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi. Tidak hanya itu, kerja sama juga diwujudkan melalui penandatangan Perjanjian Kerja Sama oleh Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Yanyan M. Yani, PhD, dengan Senior Vice President Enterprise Business PT. Pos Indonesia Arifin Muchlis.

Dalam sambutannya Rektor mengungkapkan, Unpad telah membuka lebar peluang industri untuk menjadi bagian dalam peningkatan kapasitas pendidikan. Dalam hal ini, Unpad membuka kesempatan bagi PT. Pos Indonesia untuk menghadirkan dosen praktisi yang dapat memberikan pengajaran mengenai bidang logistik kepada mahasiswa.

“Bidang logistik adalah kompetensinya PT. Pos Indonesia, jadi kalau misalnya jajaran direksi dapat merealisasikan dalam bentuk pemberian dosen praktisi yang tidak terikat, tetapi dengan materi kekinian dan dikombinasikan dengan era digitalisasi, kami pasti akan senang,” jelas Rektor.

Tidak hanya menghadirkan dosen praktisi ke dalam kampus, Rektor juga mendorong PT. Pos Indonesia menjadi wahana belajar mahasiswa Unpad guna mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Selain itu, kerja sama tridarma juga dapat dikembangkan ke arah kajian atau riset bersama

Rektor mengatakan, wahana  belajar tersebut bukan sekadar menjadi tempat magang mahasiswa. Namun, dapat mencakup seluruh aspek pembelajaran di perguruan tinggi. “Mahasiswa sekarang hebat, mereka bisa mengerjakan tantangan yang diberikan dengan jauh lebih baik. Jika PT. Pos bisa menjadikan tempat belajar Unpad, ini sangat kami syukuri,” imbuhnya.

Di bidang administrasi, Rektor berharap PT. Pos Indonesia dapat mendukung layanan perkantoran di Unpad. Kendati saat ini aktivitas perkantoran telah berbasis digital, kerja sama ini diharapkan dapat mendukung khususnya di bidang yang berkaitan dengan logistik dan kurir.

Di akhir sambutannya, Rektor juga menawarkan PT. Pos Indonesia untuk berpartisipasi membuka kantornya di Gedung Komunitas di Kampus Jatinangor. “Kami ingin PT. Pos bisa menjadi variasi institusi di Gedung Komunitas yang bisa menginspirasi Unpad maupun masyarakat Jatinangor,” kata Rektor.

Sementara itu, Faizal mengatakan, kerja sama dengan Unpad diharapkan dapat mendukung layanan bisnis PT. Pos Indonesia. Layanan tersebut meliputi jasa kurir, logistik, layanan pengiriman internasional, layanan finansial giro, jasa properti, layanan afiliasi, hingga pembayaran digital.

“Portofolio ini bisa kami kerjasamakan dengan Unpad, termasuk di antaranya riset-riset dengan akademisi,” kata Faizal.

Dalam acara penandatanganan kerja sama tersebut, Faizal juga menyerahkan prangko khusus bergambar wajah Rektor Unpad. Tidak sekadar sebagai cendera mata/koleksi, prangko khusus tersebut dapat digunakan sebagai bukti pengiriman pos.*

Share this: