FKG Unpad Kembangkan Implan Gigi Merah Putih Buatan Anak Bangsa

Ketua tim peneliti Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran Dr. Ira Komara, drg., Sp.Perio(K), menyampaikan orasi ilmiah mengenai pengembangan riset implan gigi merah putih dalam rangka Tasyakuran Dies Natalis ke-63 FKG Unpad dan Lustrum XIII Unpad yang digelar secara hybrid, Kamis (1/9/2022). (Foto: Humas FKG)*

[Kanal Media Unpad] Tim peneliti Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran yang diketuai Dr. drg. Ira Komara, Sp. Perio (K) melakukan penelitian untuk pembuatan implan gigi merah putih atau implan gigi buatan Indonesia.

Penelitian yang dilakukan dari hibah Riset Inovatif Produktif (Rispro) Invitasi LPDP tahun 2019 ini sudah menghasilkan prototipe untuk kemudian dilakukan evaluasi. Saat ini penelitian sedang dilakukan dengan mengimplementasikan prototipe implant pada hewan coba.

“Ada lebih kurang 40 yang sudah kami implementasikan implan prototypenya,” ungkap Ira saat membawakan Orasi Ilmiah dalam rangka Tasyakuran Dies Natalis ke-63 FKG Unpad dan Lustrum XIII Unpad yang digelar secara hybrid, Kamis (1/9/2022).

Penelitian ini sendiri dilakukan atas keinginan tersedianya implan gigi anak bangsa yang murah dan dapat dimanfatakan oleh banyak orang. Saat ini belum ada impan gigi asli buatan Indonesia. Implan gigi yang ada saat ini pun terbilang mahal.

Ira menjelaskan bahwa implan gigi merupakan salah satu perawatan kedokteran gigi terhadap gigi yang hilang untuk mengembalikan fungsi dan estetikanya.

“Penggunaan implan dianggap lebih nyaman dan stabil dibandingkan protesa lainnya,” ujar Ira.

Ira berharap, penelitian ini dapat berjalan lancar. Ia juga berharap dalam waktu dekat penelitian ini dapat dipatenkan dan dikomersialisasi.Saat ini, penelitian telah berkolaborasi dengan sejumlah mitra.

“Semoga penelitian implant ini bisa berlangsung dengan mulus, dan dapat menghasilkan suatu produk hilirisasi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia secara luas,” harapnya.

Acara tasyakuran tersebut juga diisi gelar wicara dengan tiga pembicara. Mereka adalah Prof. Dr. Harmas Yazid Yusuf, drg., Sp. BMMF, Subsp.TMF-TMJ (K), Prof. Dr. Endah Mardianti, drg., M.S, Sp. Ort, Subsp. DDTK (K), dan Prof. Dr. Arlette Suzy Puspa Pertiwi, drg., M.Psi., Sp. KGA, Subsp. AIBK (K), FSCDA, FIADH.

Pidato Dekan

Pada kesempatan tersebut, dalam pidatonya, Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg., Sp.KG mengatakan bahwa FKG Unpad terus menjadi lebih baik. Sejumlah prestasi dan karya pun telah dihasilkan sivitas akademika FKG Unpad.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak sivitas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran serta seluruh alumni dan semua stakeholder untuk bersama-sama memajukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran agar terus dapat meningkatkan kontribusi kita di masyarakat untuk Indonesia maju,” kata Dudi.

Sementara itu, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengharapkan, FKG Unpad dapat terus meningkatkan kiprahnya. Kiprah ini juga untuk mendukung rekognisi Unpad di tingkat dunia.

“Kiprahnya yang sudah sudah sangat banyak mohon tetap dijaga dan saya atas nama Universitas Padjadjaran mengucapkan terima kasih atas kontribusi yang besar dari sivitas akademika Fakultas Kedokteran Gigi. Mari terus tingkatkan sehingga mendukung rekognisi Universitas Padjadjaran,” kata Rektor.

Acara tasyakuran dalam rangka dies ini pun diharapkan dapat menjadi momentum bagi FKG Unpad untuk lebih maju dan berkelas dunia.

“Dirgahayu ke-63. Mudah-mudahan menjadi fakultas berkelas dunia dan berkontribusi pad kemajuan kesehatan bangsa Indonesia,” harap Rektor. (arm)*

Share this: