Lebih dari 4.000 Peserta Ikuti Unpad Virtual Job Fair 2022

Para pencari berdiskusi mengenai informasi karier dengan perwakilan perusahaan dalam kegiatan Unpad Virtual Job Fair 2022 yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (5/9/2022) dan Selasa (6/9/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 4.992 peserta mengikuti kegiatan bursa kerja virtual bertajuk “Unpad Virtual Job Fair 2022” kerja sama Pusat Pengembangan Karier Unpad dengan Jobs.id. Kegiatan bursa kerja virtual ini digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (5/9/2022) dan Selasa (6/9/2022).

Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., menjelaskan, bursa kerja ini digelar untuk mendorong peningkatan angka serapan lulusan perguruan tinggi, khususnya bagi lulusan Unpad. Karena itu, bursa kerja ini bertujuan mempertemukan lulusan dengan dunia kerja dan dunia industri (DUDI) baik secara langsung ataupun menggunakan media daring.

“Kegiatan ini memungkinkan adanya interaksi langsung antara pencari kerja dan penyedia lapangan kerja,” ucap dosen yang akrab disapa Amel saat menyampaikan laporan di acara pembukaan, Senin (5/9/2022).

Lebih lanjut Amel mengatakan, bursa kerja ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari pameran kerja, potential mapping, pameran magang, tes seleksi kandidat, pameran beasiswa, hingga workshop yang diisi pembicara dari berbagai perusahaan ternama.

Bursa kerja ini menghadirkan lebih dari 10 mitra perusahaan yang membuka berbagai posisi pekerjaan. Proses seleksi kandidat sendiri dilakukan dengan cara rekrutmen CV, walk in interview, hingga penyelenggaraan psikotes.

Acara pembukaan Unpad Virtual Job Fair 2022 sendiri dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI Prof. Anwar Sanusi secara virtual. Dalam sambutanya, Prof. Anwar mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan informasi ketenagakerjaan dengan baik kepada para pencari kerja.

“Mudah-mudahan job fair virtual ini dapat tersampaikan dengan baik berbagai informasi ketenagakerjaan dengan setepat-tepatnya, baik kepada pencari kerja, mahasiswa, alumni, maupun masyarakat umum,” ujarnya.

Menurut Prof. Anwar, digelarnya bursa kerja ini merupakan upaya mengatasi ketidaksinambungan tenaga kerja di Indonesia. Ketidaksinambungan tersebut berupa ketidaksesuaian antara jenjang pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, serta bidang pendidikan yang tidak cocok dengan bidang pekerjaan.

Karena itu, hadirnya arena pameran kerja menjadi jembatan untuk memupus ketidaksinambungan tersebut. Kegiatan ini menjadi sarana komunikasi baik antara pemberi kerja dan pencari kerja.

Kepala Produk dan Marketing Jobs.id Geo Fany Suharwan mengatakan, Unpad Virtual Job Fair ini merupakan kegiatan pertama dari rangkaian bursa kerja virtual yang dilakukan Jobs.id. Selain di kota Bandung, gelaran serupa juga akan dilaksanakan di kota besar lainnya.

Bursa kerja ini dibuka secara resmi oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam. Boy mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi membantu lulusan perguruan tinggi Indonesia, khususnya lulusan Unpad, untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mendukung visi alumni Unpad mendapatkan kerja tidak lebih dari enam bulan,” kata Boy.*

Share this: