Masuki Usia 62 Tahun, Fikom Unpad Terus Tingkatkan Prestasi

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.H., S.Sos., M.Si., menyampaikan pidato pada peringatan Dies Natalis ke-62 Fikom Unpad yang digelar secara hybrid dari Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad Jatinangor, Senin (19/9/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Tahun ini Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran memasuki usia 62 tahun pada 18 September 2022. Berbagai kiprah telah dijalankan Fikom Unpad, hingga mencapai sejumlah keunggulan.

“Sampai saat ini Fakultas Ilmu Komunikasi yang mengelola 10 program studi bersama dengan tiga departemen telah melakukan optimalisasi kelembagaan dan sinergi antar unit pengelola dan menjalankan fungsinya,” kata Dekan Fikom Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.H., S.Sos., M.Si., dalam peringatan Dies Natalis ke-62 Fikom Unpad yang digelar secara hybrid dari Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad Jatinangor, Senin (19/9/2022).

Dalam pidatonya, Dadang mengungkapkan sejumlah kiprah Fikom Unpad, baik di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi serta karya telah dihasilkan sivitas akademika Fikom Unpad.

Dikatakan Dadang, selain mensyukuri atas berbagai capaian, Fikom Unpad juga mawas diri atas berbagai rintangan yang dihadapi. Saat ini Fikom Unpad juga terus berupaya menjalani Pradja Brata, sebagai salah satu langkah Unpad dalam mencapai keunggulan, reputasi, dan rekognisi internasional menuju peringkat 500 dunia pada tahun 2024.

Dadang pun berharap Fikom Unpad dapat meningkatkan peringkat di tingkat internasional. “Ini tantangan kita ke depan,” ujarnya.

Sebagai upaya memperingati Dies Natalis tersebut, Fikom Unpad menyelenggarkan berbagai kegiatan dengan tema “Komunikasi Mewujudkan Kebangkitan Bersama”.

“Tetap menjadi kewajiban moral akademis bagi Fikom sebagai fakultas yang menyandang komunikasi sebagai kajian utamanya untuk terus berinisiatif menjadikan lingkungan hidup kita menjadi lebih baik dalam konteks komunikasi,” kata Dadang.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menyampaikan sambutan pada acara peringatan Dies Natalis ke-62 Fikom Unpad yang digelar secara hybrid dari Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad Jatinangor, Senin (19/9/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengajak Fikom Unpad untuk terus meningkatkan prestasi dengan lebih signifikan yang bisa dirasakan oleh masyarakat umum. Sejalan dengan tema Dies Fikom Unpad tahun ini, Rektor pun berharap Fikom dapat bersama-sama bangkit mengatasi tantangan.

“Mari kita buktikan rasa syukur kita dengan prestasi yang lebih signifikan dan bisa dirasakan oleh bukan hanya lulusan, tetapi oleh masyarakat,” kata Rektor.

Rektor berharap, Fikom Unpad dapat terus meningkatkan riset interdisiplin ilmu, mendorong prestasi dan inovasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional, dan peningkatan rekognisi fakultas di tingkat internasional.

“Semoga Fakultas Ilmu Komunikasi di masa depan tetap tangguh, kreatif, solid, dan memiliki rekognisi akademik  internasional,” harap Rektor.

Puncak peringatan dies natalis ke-62 Fikom tersebut diisi dengan pembacaan Orasi Ilmiah dari Dr. Dian Wardiana Sjuchro, M.Si dengan judul “Radio Komunitas: Kemarin, Hari ini, dan Esok”, serta Dr. Aceng Abdullah, M.Si dengan judul “Tantangan dan Peluang Ilmu Komunikasi dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia”. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan peluncuran televisi digital yang dikelola Fikom Unpad “Divia TV”.*

Share this: