Unpad dan Binus University Tawarkan Program Magister Double Degree

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti berfoto bersama dengan Rektor Binus University Prof. Hardjanto Prabowo dan Ketua Yayasan Bina Nusantara Ir. Bernard Gunawan usai penandatangan Nota Kesepahaman yang digelar di Auditorium Kampus Anggrek, Jakarta, Sabtu (24/9/2022).*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bersama Binus University berencana akan membuka program Magister dengan skema Joint Degree/Double Degree. Penyelenggaraan model pendidikan dan riset melalui program Gelar Ganda ini diharapkan menjadi kontribusi Unpad dan Binus dalam menjawab tantangan bangsa.

Rencana pembukaan program tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Rektor Binus University Prof. Hardjanto Prabowo di Auditorium Gedung Binus University Kampus Anggrek, Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut digelar di sela kegiatan pengukuhan Guru Besar Binus University Prof. Engkos Achmad Kuncoro.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, kolaborasi Unpad dan Binus dilakukan sebagai bentuk sinergi baik antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Kolaborasi dilakukan sebagai wahana untuk berbagi sumber daya, pengalaman, hingga visi misi antar perguruan tinggi.

“Unpad di usianya yang ke-65 tahun dirasakan terus menerus mengakumulasikan iptek serta riset dan pengembangan, sehingga kami harus sudah membuka diri atas akumulasi pengetahuan tersebut,” kata Rektor.

Dalam menjawab berbagai tantangan permasalahan bangsa, Rektor mengungkapkan bahwa Unpad dan Binus University memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan ini dapat diperkuat melalui kolaborasi untuk menghasilkan manfaat lebih besar.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, pembukaan program Magister Double Degree ini dilakukan guna memperkuat pelaksanaan layanan pendidikan hybrid di Unpad. Penyelenggaraan model pendidikan ini diharapkan dapat menjangkau peserta lebih luas dengan pengayaan konten pendidikan yang mampu mencetak kompetensi dan lulusan berkualitas.

 “Melalui program ini, Dosen Unpad dan Binus, termasuk mahasiswa dan mitra strategisnya akan loba lakukan sharing sehingga bisa menjalankan pendidikan secara fleksibel tetapi tetatp terstruktur dan bertarget,” kata Rektor.

Selain itu, kerja sama ini juga dilakukan untuk mematahkan anggapan mengenai ketimpangan antara perguruan tinggi negeri dan swasta. “Ini menjadi inovasi untuk memunculkan pemahaman antara kedua institusi yang selama ini dipersepsikan di pasar berbeda menjadi sama,” imbuhnya.

Sementara itu, Prof. Hardjanto Prabowo mengapresiasi inisiasi Unpad dalam berkolaborasi dengan Binus. Kolaborasi ini menunjukkan bahwa sesama perguruan tinggi nasional memiliki semangat bersama dalam memberikan layanan pendidikan yang lebih baik.

“Dalam waktu dekat akan diluncurkan kerja sama Joint Degree dan akan berlanjut ke arah kerja sama riset dan faculty member,” kata Prof. Hardjanto.*

Share this: