Unpad Miliki Fasilitas “Pojok Statistik”, Kolaborasi dengan BPS

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama Kepala Badan Pusat Statistik RI Dr. Margo Yuwono, M.Si., meninjau fasilitas "Pojok Statistik" di Gedung Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, Selasa (7/9/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran dan Kepala Badan Pusat Statistik RI Dr. Margo Yuwono, M.Si meresmikan “Pojok Statistik Unpad”, Rabu (7/9/2022). Fasilitas yang berlokasi di lantai 2 Gedung Perpustakaan Pusat Unpad Kampus Jatinangor ini merupakan salah satu wujud kolaborasi Unpad, khususnya FMIPA dengan BPS.

Pojok Statistik hadir untuk meningkatkan literasi stastistik bagi sivitas akademika. Layanan yang akan diberikan meliputi promosi statistik, konsultasi statistik, edukasi statistik, dan ruang baca virtual yang dapat dimanfaatkan seluruh sivitas akademika Unpad.

“Kehadiran Pojok Statistik harapannya akan melatih kita semua untuk menggunakan data yang benar dan akurat,” kata Rektor dalam sambutannya pada acara peresmian di Bale Sawala Unpad, Jatinangor.

Acara peresmian ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, para pimpinan BPS di kota/kabupaten se-Jawa Barat, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Hendarmawan, Dekan FMIPA Unpad Prof. Iman Rahayu, Ketua Forum Pendidikan Tinggi Statistika (Forstat) Indonesia yang juga Wakil Dekan I FMIPA Unpad Yudhie Andriyana, M.Sc., Ph.D, sejumlah pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unpad, serta tamu undangan lainnya.

Rektor berharap, Pojok Statistik akan dimanfaatkan secara optimal oleh sivitas akademika Unpad. Fasilitas ini bukan hanya untuk menyediakan data, tapi benar-benar membantu sivitas akademika Unpad untuk dapat memaknai data dengan benar.

“Tantangannya di Pojok Statistik adalah bagaimana memberikan juga konsultasi membaca, mengolah, dan membunyikan data. Jadi Pojok Statistik tidak hanya menyediakan data, tetapi sekaligus hadir di sana nanti konsultan ataupun teman-teman dari Program Studi Statistik, dosen dan mahasiswa yang akan membantu kita semua memaknai data itu sendiri,” ujar Rektor.

Selain itu, Pojok Statistik juga diharapkan dapat berperan dalam pembentukan keterampilan baru mahasiswa, yaitu terkait literasi data, teknologi, dan manusia.

“Pendekatan multidisplin nanti kita bisa gunakan untuk membunyikan sehingga para mahasiswa dan dosen menjadi lebih menyukai bahwa memang data itu kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Rektor.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik RI Dr. Margo Yuwono, M,Si. Mengatakan, Unpad menjadi kampus pertama di Jawa Barat yang memiliki Pojok Statistik. Fasilitas serupa pun akan dihadirkan di sejumlah perguruan tinggi.

“Ini adalah bentuk pelayanan BPS kepada sivitas akademika di Unpad khususnya, baik kebutuhan mahasiswa maupun dosen,” kata Margo.

Margo berharap, melalui Pojok Statistik, data yang ada di BPS dapat dikembangkan dan didekatkan kepada konsumen utamanya.

“Di kampus, harapannya berbagai penelitian itu bisa berkembang,” harapnya.

Senada dengan Margo, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat Marsudijono, S.Si., M.M mengatakan bahwa Pojok Statistik hadir untuk mendekatkan informasi khususnya Bidang Statistik di ruang publik.

“Dengan hadirnya Pojok Statistik di Universitas Padjadjaran ini diharapkan akan menjadi salah satu sarana peningkatan pelayanan publik yang akan bermanfaat bagi dosen, mahasiswa, untuk mengakses data serta informasi stastistik secara lebih mudah,” harap Marsudijono.

Selain peresmian, dalam acara tersebut juga digelar kuliah umum oleh Margo Yuwono di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Kuliah umum tersebut dihadiri lebih dari 732 partisipan yang hadir secara luring maupun daring. (arm)*

Share this: