Fasilitasi MBKM untuk Mahasiswa, Unpad Siapkan MBKM Corner

MBKM Corner
Mahasiswa mencari informasi seputar program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di MBKM Corner yang berlokasi di ruang Unit Layanan Terpadu Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran memiliki pojok khusus untuk menginformasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Pojok bernama “MBKM Corner” ini berlokasi di ruang Unit Layanan Terpadu (ULT) Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor.

Koordinator MBKM Unpad Dr. Risna Resnawaty, M.P., mengatakan, MBKM Corner hadir untuk memberikan layanan yang spesifik, lengkap, dan detail kepada mahasiswa yang membutuhkan informasi mengenai program MBKM.

“Kehadiran pojok ini merupakan upaya Unpad untuk meningkatkan ketertarikan dan antusias mahasiswa untuk mengikuti program MBKM,” ujarnya.

Melalui MBKM Corner, mahasiswa akan mendapatkan layanan cepat dan tanggap mengenai informasi MBKM, baik program yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek maupun program-program yang menjadi kekhasan Unpad (MBKM Flagship Unpad).

Selain sebagai diseminasi informasi MBKM, pojok ini juga akan memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengikuti program MBKM, hingga memfasilitasi berbagai kendala yang dihadapi mahasiswa ketika sedang melaksanakan program. Di ruang ULT, petugas khusus akan disiapkan untuk menangani pertanyaan dan aduan mengenai MBKM.

“Sehingga mahasiswa dapat melaksanakan program dengan nyaman. Sebab, jika ada  permasalahan bisa langsung mendatangi pojok MBKM,” tambahnya.

Lebih lanjut Koordinator ULT Unpad Elin Herlina, S.Sos., mengatakan, ULT Unpad juga menjadi layanan tatap muka untuk program MBKM yang ada di Unpad. Diharapkan, bagi mahasiswa yang membutuhkan informasi, ingin mendaftar, atau memiliki kendala saat mengikuti MBKM dapat difasilitasi dengan baik di ruang ULT Unpad.

“Sebagai layanan terpadu, di mana semua layanan universitas itu ke ULT tidak lagi ke unit kerja, jelas bahwa MBKM Corner disiapkan untuk memudahkan mahasiswa on going mencari informasi MBKM,” kata Elin.

Elin berharap MBKM Corner dapat menjadi simpul pemecah kebutuhan informasi MBKM. “Jadi, mahasiswa yang masih ambigu ketika datang ke MBKM Corner, segala kebutuhan yang berkaitan dengan MBKM bisa terpenuhi,” ujarnya.

Selain menyediakan MBKM Corner, Unpad juga telah mengembangkan website khusus MBKM di https://mbkm.unpad.ac.id/. Website ini dikembangkan untuk menyediakan informasi mengenai program MBKM Dikti maupun Flagship Unpad, menampilkan informasi terkini seputar program MBKM, serta menjadi portal daring untuk mendaftar program MBKM.*

Share this: