Mahasiswa Fapet Unpad Ikuti Program MBKM Berlian Muda dan Membangun Desa

berlian muda dan membangun desa
Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjarapeserta program MBKM Berlian Muda dan Membangun Desa bersama dosen pembimbing berdiskusi dengan pihak pemerintah desa.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran melepas mahasiswa program Berlian Muda dan Membangun Desa sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Pelepasan mahasiswa tersebut dilakukan Dekan Fapet Unpad Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.Si., IPM, di ruang Senat Kampus Fapet Unpad, Jatinangor, Senin (10/10/2022). Dalam melaksanakan program ini, Fapet Unpad berkolaborasi dengan pihak Kecamatan Tanjungsari dan Pamulihan di Kabupaten Sumedang.

Dikutip dari laman Fapet Unpad, Program Berlian Muda dan Membangun Desa bertujuan memfasilitasi mahasiswa untuk berkegiatan di luar kampus, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru.

Lebih lanjut Rahmat mengatakan, kegiatan Membangun Desa bertujuan meningkatkan keterampilan nonteknis (softskill) kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta kepemimpinan mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di perdesaan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan proyek sosial untuk membantu masyarakat  meningkatkan derajat kehidupannya, melalui berbagai sektor pembangunan, ekonomi, infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya, dengan  menggunakan sarana prasarana peternakan sebagai leading sektor,” ujarnya.

Selain itu, program ini penting bagi mahasiswa untuk menambah skill dan keahlian khususnya di bidang kewirausahaan. Pada program ini mahasiswa akan menggali potensi desa di bidang ketahanan pangan Desa Cinanjung dan Desa Margajaya di Kecamatan Tanjungsari serta Desa Haurngombong di Kecamatan Pamulihan, sekaligus  belajar dan mempraktikkan ilmu untuk membangun desa.

Program MBKM Berlian Muda Padjadjaran dan  Membangun Desa diikuti oleh mahasiswa  Fapet Unpad dengan konversi SKS sebesar 20 SKS. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi  mahasiswa  mengaplikasikan ilmunya sekaligus   mendorong pelaku peternakan yang ada di desa  dalam melaksanakan pembangunan di bidang ketahanan pangan. (rilis)*

Share this: