Hari Pahlawan Jadi Momentum Refleksi Nilai-nilai Perjuangan

hari pahlawan
Universitas Padjadjaran melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 yang digelar di Halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (10/11/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan bahu membahu tanpa memandang sekat.

Demikian disampaikan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam Amanat Peringatan ke-77 Hari Pahlawan yang dibacakan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti dalam upacara yang digelar di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (10/11/2022). Upacara ini dihadiri sejumlah pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

Rektor membacakan, semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” menjadi pengingat bangsa Indonesia untuk tidak mau dipecah belah. Karena itu, Peringatan Hari Pahlawan 2022 menjadi momentum memperkuat persatuan bangsa serta saling menghargai satu sama lain.

“Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” baca Rektor.

Dalam amanat tersebut, Risma menyoroti saat ini Indonesia berada pada perjuangan besar menaklukkan beragam ancaman dan tantangan. Pandemi covid-19 yang belum usai, dampak pemanasan global, hingga kelangkaan pangan, energi, dan air bersih merupakan ancaman dan tantangan yang harus diperjuangkan dengan kesungguhan.

Kendati demikian, bangsa Indonesia memiliki modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Hal ini telah terlihat dari teladan yang diajarkan oleh para pahlawan dalam merebut kemerdekaan bangsa.

“Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman,” baca Rektor.

Pada upacara tersebut, Rektor mengenakan busana adat. Para peserta juga mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Bertindak sebagai pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Dekan Fakultas Psikologi Zahrotur Rusyda Hinduan, PhD, pembaca pesan-pesan pahlawan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Dr. Dadang Rahmat Hidayat , serta pembaca doa oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr.*

Share this: