Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil memberikan pesan kepada wisudawan Unpad pada Upacara Wisuda Lulusan Gelombang I Tahun akademik 2022/2023 Unpad yang diselenggarakan secara hybrid dari Grha Sanusi Harjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Selasa (8/11/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil memberi pesan kepada para wisudawan Unpad agar siap menghadapi dunia saat ini dan masa depan. Wisudawan Unpad pun diharapkan dapat menjemput masa depan cerah Indonesia di tahun 2045.

“Selamat kepada Anda yang sudah diwisuda. Jagalah dan bersamailah perjalanan bangsa yang luar biasa ini,” pesan Gubernur yang akrab disapa Emil dalam Upacara Wisuda Lulusan Gelombang I Tahun akademik 2022/2023 Unpad  yang diselenggarakan secara hybrid dari Grha Sanusi Harjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Selasa (8/11/2022).

Kepada wisudawan, Emil mengatakan bahwa untuk berhasil menghadapi masa depan, diperlukan adanya adaptasi.

“Masa depan dunia banyak hal yang luar biasa. Mereka yang berhasil menjemput bukan mereka yang hari ini kaya raya, bukan hari ini mereka yang kuat luar biasa, tapi adalah mereka-mereka yang mau beradaptasi dengan cara-cara yang baru,” ujar Emil.

Emil juga mengatakan bahwa hari ini dunia semakin terkoneksi dimana orang dapat terus produktif tanpa ttap muka. Selain itu, dunia juga semakin kompetitif yang menuntut kesiapan jika tidak ingin ketingalan kereta.

Diperkirakan ada ada 80 juta pekerjaan yang akan hilang karena revolusi digital, diikuti dengan munculnya 100 juta pekerjaan baru dengan definisi baru.

“Carilah pekerjaan yang dinamis. Pekerjaan yang problem solving. Pekerjaan tertinggi yang tidak akan punah menurut riset adalah kepemimpinan,” ujar Emil.

Untuk dapat berkontribusi membersamai bangsa mengibarkan bendera emas di 2045, Emil memberi pesan, yaitu jangan suka bertengkar, kuasai ekonomi baru agar dapat bersaing, dan anak cucu yang sehat bebas stunting.

“Jemputlah masa depan yang cerah itu,” ujar Emil. (arm)*

Share this: