Kampanye Penyelamatan Laut, FPIK Unpad Gelar Webinar Internasional

FPIK Unpad
Assoc. Professor dari University of California San Diego dan Scripps Insitution, Dr. Andreas Andersson menjadi pembicara pada webinar internasional “Professor Discovery to Protect Our Ocean (Padoc)”, Rabu (9/11/2022).*

[Kanal Media Unpad] Untuk menghasilkan solusi pada permasalahan laut, Departemen Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran menggelar webinar internasional “Professor Discovery to Protect Our Ocean (Padoc)”, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan ini diikuti lebih dari 300 peserta yang terdiri dari mahasiwa, peneliti, praktisi, dosen, dan pelajar SMA. Tema yang diusung adalah “The Future of Conservation and Sustainable Exploitation of Aquatic and Marine Resources”.

Misi dari kegiatan internasional ini adalah untuk mengampanyekan laut dan biota laut yang sedang tidak sehat, mencari solusi untuk menyelamatkan laut, serta berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertujuan untuk memproteksi masa depan laut melalui pendidikan dan penelitian.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, acara ini juga bertujuan untuk  mempromosikan internasionalisasi FPIK Unpad dan memperluas jejaring kerja sama penelitian, pengajaran, dan pertukaran keahlian, atau bahkan melakukan penelitian bersama.

Dekan FPIK Unpad Dr. Sc. Yudi Ihsan, S.Pi, M.Si., pada sambutannya mengatakan bahwa laut penting untuk dijaga demi generasi masa depan. Sumber daya laut juga harus didukung dengan konservasi. Menurut Yudi, berbagai isu kelautan saat ini dapat dijembatani dengan pentingnya keterlibatan ilmu kelautan.

Pembicara yang dihadirkan pada webinar internasional ini berasal dari USA dan Indonesia (Unpad).

Sesi pertama, webinar menghadirkan Chief Scientist Coral Diagnostic dan Scientist National Ocean and Atmospheric Administration (NOAA) Anderson Mayfield, PhD, dengan membawa topik “Leveraging the Power of Artificial Intelligence to Uncover Resilient Reefs in the Coral Triangle”.

Selain itu, hadir pula pembiara Assoc. Professor dari University of California San Diego dan Scripps Insitution, Dr. Andreas Andersson memaparkan topik tentang mitigasi pada terumbu karang dengan judul “Can Seaweeds Farming to Mitigate Ocean Acidification on Coral Reef?”.

Pembicara dari Unpad sendiri, yaitu Dosen HQT Departmen KelautanFPIK Unpad Buntora Pasaribu, Ph.D yang berbicara pada sesi ketiga  dengan topik ”Oil bodies biogenesis in Marine Plants”. Pembicara terakhir Dosen Kelauta FPIK Unpad Noir Purba menyampaikan tentang pemanfaaatan teknologi dalam bidang kelautan dengan topik “Leveraging Marine Technology for Ocean Conservation.” (rilis)*

Share this: