Mahasiswa Faperta Unpad Juara I Soil Judging Contest di IPB

soil judging contest
Tiga mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran meraih juara pada ajang “Soil Judging Contest” yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor, 28 – 30 Oktober 2022 lalu.

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa dari Himpunan Keprofesian Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan (Himatan) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran meraih juara pada ajang “Soil Judging Contest” yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor, 28 – 30 Oktober 2022 lalu.

Ajang “Soil Judging Contest” yang menjadi bagian dari acara “Soil Festival IPB” merupakan kompetisi identifikasi tanah untuk klasifikasi tanah serta interpretasi kesesuaian lahan pada suatu area secara tepat dan tepat dalam waktu 50 menit. Kompetisi ini diikuti 14 tim dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, tim yang beranggotakan Adisty Rana Jasmine, Puja Sindi Aulia, dan Sifa Denisa Monica berhasil meraih juara pertama mengungguli tim lainnya. Selama dua bulan, tim memantapkan diri untuk melakukan persiapan menghadapi kompetisi.

“Selama kurang lebih dua bulan, kami latihan secara langsung pada profil tanah yang tersedia di lapangan, mempelajari informasi data sekunder wilayah perlombaan, serta mempelajari penentuan kesesuaian lahan,” tutur Adisty.

Saat kompetisi “Soil Judging Contest” berlangsung, setiap anggota memiliki tugasnya masing-masing. Tugas Adisty adalah menentukan sifat fisika tanah yang meliputi struktur dan ukuran, tekstur, konsistensi lembap dan basa, batas horison, serta kedalaman tiap horison tanah.

Sementara tugas Sifa adalah menentukan sifat kimia tanah, meliputi warna dan kadar pH tanah tiap horison, menentukan koordinat dan ketinggian tempat menggunakan GPS, hingga menentukan kemiringan lereng menggunakan abney level.

Sifa juga melakukan interpretasi kesesuaian lahan berdasarkan data sekunder yang ada (curah hujan, temperatur, dll) untuk melihat faktor penghambat pada komodiast padi sawah tadah hujan, cabai merah, dan karet.

Tugas Puja adalahmenulis hasil identifikasi sifat morfologi tanah serta hasil interpretasi kesesuaian tanah pada borang. “Setelah mengidentifikasi morfologi tanah, kami berdiskusi untuk menentukan ordo tanah pada area tersebut berdasarkan klasifikasi tanah nasional, taksonomi tanah, dan WRB,” tambah Adisty.

Atas raihan prestasi ini, Adisty berharap kemenangan ini dapat dipertahankan pada perlombaan berikutnya. “Diharapkan juga dapat memotivasi adik tingkat kami dalam mengikuti perlombaan ini,” ujarnya.

Selain tim Adisty, Himatan Faperta Unpad juga mengirimkan satu tim lain untuk berkompetisi di ajang tersebut. Tim beranggotakan Aditya Pratama, Verita Kristi, Anna Sofiani berhasil meraih Juara Harapan I.*

Share this: