Jadi PKN Mapala se-Indonesia, Ini Peran Palawa Unpad

Anggota Palawa Universitas Padjadjaran.*

[Kanal Media Unpad] Organisasi Pencinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran terpilih sebagai Pusat Koordinasi Nasional (PKN) Mahasiswa Pencinta Alam tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia sejak Juni 2022 lalu. Selama setahun, ada banyak peran yang dilakukan Palawa Unpad dalam mengoordinasikan Mapala se-Indonesia.

Koordinator Pusat PKN Mapala dari Palawa Unpad Ardino Dupo Krismontala mengatakan, di sektor kelembagaan, Palawa Unpad berperan mengoptimalkan media komunikasi PKN sebagai media informasi forum, menyosialisasikan hasil dan kegiatan forum dalam bentuk publikasi melalui berbagai macam media informasi, hingga bekerja sama dengan Pusat Koordinasi Daerah (PKD) dalam pembaruan pangkalan data mapala se-Indonesia.

Di sektor lingkungan, Palawa Unpad berkoordinasi dengan tim delegasi untuk membahas persoalan isu lingkungan nasional, menguasai tugas dari tim delegasi dan tuan rumah penyeleggara TWKM, dalam output kegiatan isu lingkungan, serta kemudian menyosialisasikan dan menindaklanjuti hasil TWKM kepada pusat kebijakan terkait sampai dengan ke tahap realisasi.

Sementara di sektor kepencintaalaman, Palawa Unpad berperan menyosialisasikan isu lingkungan hidup dan kepencintaalaman dari PKD untuk dijadikan isu nasional kepada masyarakat dengan memanfaatkan media massa nasional dan media komunikasi PKN.

Tugas lain adalah mengoordinasikan PKD dalam tanggap darurat bencana alam dengan unit SAR, serta memediasi pertemuan PKD dalam rangka persiapan dan membahasnya selambat lambatnya tiga bulan sebelum TWKM berlangsung.

Ardino mengatakan, dengan menjadi PKN, Palawa dapat secara langsung menjalin komunikasi dengan instansi terkait untuk melakukan diskusi persoalan lingkungan hidup ataupun melakukan audiensi dengan pihak pemerintah terkait.

Dengan melakukan hal ini, anggota Palawa Unpad dapat melakukan aktualisasi diri dari pembelajaran dan amanat yang diberikan mapala perguruan tinggi se-Indonesia berdasarkan hasil sidang TWKM. “Selain itu, anggota Palawa Unpad dapat mengimplementasikan tiga unsur Tridarma Perguruan Tinggi secara meluas melalui tugas dan fungsi dari seorang PKN,” tutupnya.*

Share this: