Pengumuman Pengawasan Kearsipan Nasional 2022, Unpad Masuk Kategori “Sangat Baik”

Tangkapan layar pengumuman hasil Pengawasan Kearsipan Nasional tahun 2022 yang dilakukan Pusat Akreditasi Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia di Kanal YouTube Arsip Nasional RI, Kamis (8/12/2022).*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menjadi perguruan tinggi dengan kategori “Sangat Baik” berdasarkan Pengawasan Kearsipan Nasional tahun 2022 yang dilakukan Pusat Akreditasi Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia.

Pengumuman pengawasan kearsipan nasional 2022 dilakukan dalam acara “Penyerahan Sertifikat Akreditasi Kearsipan & Pengumuman Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2022” yang digelar di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan, aktivitas pengawasan, akreditasi, dan sertifikasi merupakan instrumen untuk meningkatkan penyelenggaraan kearsipan. Proses ini bukan sekadar menentukan sejauh mana level kementerian/lembaga/ badan publik, tetapi menjadi upaya pembinaan dan kolaborasi ANRI untuk meningkatkan performa penyelenggaraan kearsipan menjadi lebih baik.

Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Prof. Dr. Isis Ikhwansyah, M.H., CN., mengapresiasi atas capain Unpad masuk ke perguruan tinggi kategori “Sangat Baik” berdasarkan hasil pengawasan Pusat Akreditasi Kearsipan.

Prof. Isis menyampaikan, arsip bagi Unpad merupakan tempat menyimpan dan sumber informasi publik yang akurat, sehingga arsip sebagai dokumen autentik dari suatu Badan Publik perlu dijaga sebaik mungkin.

Adanya pelaksanaan pengawasan Kearsipan Tahun 2022 ini akan menjadi sangat baik karena karena melalui pengawasan Arsip ini telah secara nyata dan bukan wacana mengimplementasikan  Undang-Undang tentang Kearsipan dan sekaligus memiliki keterkaitan yang erat dengan Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi,” paparnya.

Untuk itu, Unpad terus mendorong peningkatan pengelolaan arsip yang lebih baik. Pengelolaan arsip pada tingkat unit kerja akan didorong mengikuti standar nasional pengelolaan arsip. “Kantor Kearsipan akan dioptimalkan melaksanakan pengawasan pengelolaan arsip di unit kerja,” kata Prof. Isis.

Pada pengumuman tersebut, Unpad masuk pada kategori “Sangat Baik” bersama dengan dua perguruan tinggi lainnya, yaitu: Institut Pertanian Bogor dan Universitas Pendidikan Indonesia. Selain itu, Universitas Indonesia masuk kategori “Memuaskan”, serta Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Semarang masuk kategori “Baik”.*

Share this: