Prof. Dr. Basrul Hanafi, dr, Sp B-KBD. (Foto: Arsip Kantor Komunikasi Publik Unpad)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Dr. Basrul Hanafi Bujung, dr, Sp B-KBD, meninggal dunia pada usia 80 tahun, Jumat (9/12/2022).

Prof. Basrul Hanafi merupakan Guru Besar bidang Ilmu Bedah pada Departemen Ilmu Bedah FK Unpad. Lahir pada 11 Juli 1942, almarhum menyelesaikan Pendidikan Dokter Umum di FK Unpad pada 1969, kemudian dilanjutkan pada Pendidikan Spesialis Bedah FK Unpad pada 1979, Konsultan Bedah Digestif IKABDI-FKUI pada 1982, dan pendidikan Doktor di Program Doktor Pascasarjana Unpad pada 2004.

Sejak 1967, almarhum mulai mengajar di almamaternya, yaitu FK Unpad. Almarhum juga mengikuti berbagai pelatihan keahlian, yaitu: Basic Sciences for Surgery di University of Singapore selama enam bulan pada 1979 serta Advanced Surgery di University of Hongkong selama enam bulan pada 1982.

Almarhum Prof. Basrul Hanafi dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Sidang Terbuka Komisi Guru Besar Senat Unpad yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, pada 18 Juli 2008.

Pada sidang terbuka tersebut, Prof. Basrul Hanafi membacakan Orasi Ilmiah berjudul “Perkembangan Ilmu Bedah Digestif di Indonesia: Tantangan dan Harapan dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Bedah Bagi Masyarakat”.

Dalam orasi ilmiah tersebut disebutkan, Indonesia hingga 2008 masih kekurangan dokter spesialis bedah, khususnya bedah digestif atau saluran cerna. Padahal, penyakit yang berkaitan dengan pencernaan termasuk jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia.

Suasana pelepasan Prof. Basrul Hanafi di Masjid Al-Jihad Unpad Kampus Iwa Koesoemasomantri, Bandung, Jumat (9/12/2022).*

Almarhum Prof. Basrul mendapat penghormatan terakhir melalui upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad Kampus Iwa Koesoemasomantri, Bandung, Jumat (9/12/2022). Almarhum dilepas secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi FK Unpad Irvan Afriandi, dr., MPH, Dr.PH.*

Share this: