Menelusuri Minat dan Bakat Penting Dilakukan Calon Mahasiswa

Kepala Divisi Layanan Pusat Inovasi Psikologi Unpad Anggit Sukmawati, M.Psi., Psikolog., menjadi narasumber talkshow “Ayo Kenal Unpad: Knowing Your Self, Planning Your Future” yang disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Unpad, Sabtu (14/1/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Wildan Rahman Fauzi

[Kanal Media Unpad] Calon mahasiswa perlu mengetahui mengenai minat dan bakat yang dimiliki sebelum melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jangan sampai calon mahasiswa memilih bidang ilmu yang tidak sesuai dengan potensi, minat, dan bakatnya.

Untuk memfasilitasi hal tersebut, Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran menggelar talkshow “Ayo Kenal Unpad: Knowing Your Self, Planning Your Future” yang disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Unpad, Sabtu (14/1/2023). Acara ini menghadirkan narasumber Kepala Divisi Layanan Pusat Inovasi Psikologi Unpad Anggit Sukmawati, M.Psi., Psikolog.

“Perjalanan kita mencari itu memang sebetulnya intinya ada dua, yaitu kita mengidentifikasi dan menelusuri bakat dan minat kita dan mengeksplorasi tujuan atau program studi yang ingin kita capai,” kata Anggit.

Psikolog anak dan remaja tersebut mengatakan, calon mahasiswa dapat dari sekarang untuk mencari tahu program studi yang ingin dituju. Pencarian informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai saluran informasi, mulai dari melihat website, YouTube, atau bertanya langsung ke pihak kampus.

“Kita bisa menemukan kecocokan kalau misalnya antara potensi kita sesuai dengan jurusan terhadap profil program studi yang akan kita tuju,” kata Anggit .

Untuk berdiskusi dengan minat dan bakat, calon mahasiswa juga dapat meminta bantuan ke pihak profesional. Salah satunya dapat menghubungi Pusat Inovasi Psikologi Unpad sebagai layanan psikologi kepada masyarakat umum.

Anggit mengatakan, pendampingan psikolog tersebut di antaranya, penelusuran minat dan bakat dengan memberikan gambaran objektif melalui tes psikologi dan konsultasi langsung dengan psikolog. (arm)*

Share this: