Fapet Unpad Beri Edukasi Mengenai Hewan Ternak ke Pelajar SD

hewan ternak
Pelajar SD Mutiara Bunda dikenalkan mengenai hewan ternak saat melakukan kunjungan ke kampus Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Rabu (15/2/2023).*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan khususnya mengenai hewan ternak, sebanyak 104 siswa SD Mutiara Bunda didampingi oleh Kepala Sekolah dan guru-guru melakukan kunjungan pembelajaran ke kampus Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Rabu (15/2/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Produksi Ternak, Labotarium Produksi Potong, Labotarioum Unggas, dan Laboratorium Ternak Potong. Kegiatan ini diawali dengan penerimaan dari BEM Fapet Unpad dan Asisten Laboratorium, kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi kandang ternak.

“Kunjungan ini mudah-mudahan dapat mengedukasi masyarakat dan memperkenalkan hewan ternak kepada anak-anak, sehingga anak dapat mengenal dunia hewan ternak serta manfaat dari hewan ternak itu sendiri,” jelas Ketua BEM Fapet Unpad Masarga Surya Gemilang.

Selanjutnya, para siswa diarahkan ke kandang sapi potong, sapi perah, domba dan kelinci untuk diperkenalkan berbagai jenis hewan ternak dan hasil yang didapatkan dari hewan ternak. Mereka juga diperkenalkan serta dilibatkan dalam pemberian pakan, mulai dari memotong pakan pada batang pohon kemudian memberikan langsung pakan pada ternak.

Anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan ternak sekaligus mengetahui asal muasal susu yang mereka konsumsi. Selain itu, mereka juga dapat mencicipi produk olahan susu atau yoghurt, mengenal dan memberi makan hewan kuda, serta ada demonstrasi untuk kegiatan penelitian  peternakan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak bisa belajar lebih efektif dengan melihat secara langsung materi pelajaran yang selama ini hanya dipelajari lewat buku dan gambar.

 “Terima kasih kepada Fakultas Peternakan yang telah menerima kami dan  kegiatan ini dapat  memotivasi anak-anak untuk ingin tahu lebih  banyak tentang hewan ternak, manfaatnya, juga produk apa saja yg  bisa dihasilkan dari susu dan sesuai dengan  sub-tema pembelajaran kali ini yaitu makhluk ciptaan Allah, anak-anak belajar langsung dan berinteraksi langsung dengan  hewan-hewan  ternak ciptaan Allah, seperti sapi potong, sapi perah, domba, kelinci, ayam, dan kuda” kata guru SD Mutiara Bunda Diah Rohimah. (rilis)*

Share this: