Fapsi Unpad Miliki Sejumlah Fasilitas Kampus Baru

fapsi unpad
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama Dekan Fakultas Psikologi Zahrotur Rusyda Hinduan, S.Psi., MOP., Ph.D, dan Sekretaris Eksekutif Majelis Wali Amanat Unpad yang juga Guru Besar Fakultas Psikologi Prof. Dr. Hendriati Agustiani, M.Si., meresmikan Ruang Sidang Doktor di kampus Fakultas Psikologi Unpad, Jatinangor, Jumat (24/2/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Riwisna Putunanga

[Kanal Media Unpad] Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki sejumlah fasilitas pengajaran dan pembelajaran baru atau “Teaching and Learning Facilities”. Fasilitas tersebut diresmikan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti beserta para Wakil Rektor di kampus Fapsi Unpad, Jatinangor, Jumat (24/2/2023).

Sejumlah fasilitas tersebut yaitu Ruang Sidang Doktor, Jalur atau Ramp Disabilitas, Ruang Virtual Reality, Kelas Hibrid dan Studio Podcast, serta kantin.

Dekan Fakultas Psikologi Zahrotur Rusyda Hinduan, S.Psi., MOP., Ph.D. mengatakan bahwa Fapsi Unpad saat ini telah memiliki sejumlah fasilitas yang dinilai baik, di antaranya Laboratorium Psikologi yang sudah menjadi rujukan.

“Dengan adanya perkembangan zaman, kemudian juga karakteristik dari mahasiswa kami yang berubah, juga tuntutan internasionalisasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu kami beberapa tahun terakhir ini memberanikan diri untuk mencoba menyesuaikan dengan kebutuhan dari tuntutan zaman,” ujar Dekan yang akrab disapa Rosie tersebut.

Dengan komitmen Unpad menjadi hybrid university, Fakultas Psikologi Unpad pun berupaya menambah fasilitas yang lebih kekinian untuk meningkatkan standar pengajaran.

“Kami juga berusaha untuk menyesuaikan dengan standar fasilitas untuk pendidikan yang terstandar internasional,” ujar Rosie.

Diresmikan Rektor, Ruang Sidang Doktor tersebut dibangun di Gedung Dekanat lantai 1. Ruangan ini merupakan hasil renovasi penggabungan dari beberapa ruangan.

Sementara ramp disabilitas dibangun di area Gedung 2. Jalur ini memiliki panjang 1,2 km. Fasilitas ini diresmikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief S. Kartasasmita.

Selain ramp, saat ini Fapsi juga tengah membangun sejumlah fasilitas ramah disabilitas lain seperti tempat parkir dan toilet untuk kelompok berkebutuhan khusus.

Rosie juga mengatakan bahwa Fapsi Unpad memiliki core business asesmen dan intervensi psikologi. Fasilitas terus bekembang seiring dengan perkembangan teknologi, salah satunya penggunaan Virtual Reality. Ruang Virtual Reality pun dibangun di Gedung 2 Lantai 2 yang diresmikan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc.

Selanjutnya adalah peresmian Kelas Hibrid dan Studio Podcast di Gedung 2 Lantai 3 oleh Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan M. Yani, MAIR., Ph.D. Rosie berharap fasilitas ini dapat menghasilkan sejumlah video ajar yang dapat bermanfaat bagi kegiatan pengajaran. Fasilitas ini juga mendukung kegiatan pembelajaran hibrid.

Fasilitas pendukung lain adalah kantin. Fapsi telah merenovasi kantin yang menjadi lebih luas. Pembangunan kantin pun telah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa setelah sebelumnya dilakukan survei untuk mengetahui kebutuhan tersebut. Kantin diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H.

Pada kesempatan tersebut, Rektor mengharapkan beragam fasilitas ini bukan hanya mempercantik kampus, tetapi membuat warga Fapsi menjadi lebih nyaman. Penambahan fasilitas di setiap fakultas diharapkan dapat digunakan untuk lebih produktif.

“Kalau warganya nyaman, produktivitasnya akan naik. Kalau produktivitasnya naik maka kita akan menjadi lebih sejahtera kemudian tujuan bahwa Unpad terekognisi dunia itu menjadi tercapai,” harap Rektor.

Rektor berharap, fasilitas ini dapat mendorong Fapsi untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan. Manfaatnya pun diharapkan dapat mendorong reputasi Unpad di tataran internasional. (arm)*

Share this: