KKN Unpad Sosialisasikan Penggunaan Kemasan Ramah Lingkungan di Lembang

KKN Unpad
Tim KKN Universitas Padjadjaran melakukan sosialisasi mengenai penggunaan kemasan ramah lingkungan (green packaging) di Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kab. Bandung Barat, Januari 2023 lalu.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Shofwatul Auliya

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 17 mahasiswa yang tergabung dalam tim 138 Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Padjadjaran melakukan sosialisasi mengenai penggunaan kemasan ramah lingkungan (green packaging) di Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kab. Bandung Barat, Januari 2023 lalu.

Sebelum melakukan sosialisasi, tim KKN Unpad dengan dosen pembimbing lapangan Prof. Dr. Yosini Deliana, Ir., M.S., ini terlebih dahulu melakukan survei dan analisis masalah mengenai penggunaan green packaging di Desa Lembang.

Tim menemukan, masyarakat masih banyak menggunakan kemasan tidak ramah lingkungan seperti plastik dan stirofoam. Kemasan ini umumya digunakan para pelaku usaha di Desa Lembang sehingga berpotensi mencemari lingkungan apabila tidak diolah dengan baik.

Atas dasar hal tersebut, tim menyusun berbagai program sosialisasi dengan menggunakan banyak pendekatan. Program sosialisasi telah dilakukan secara luring melalui Program “Desa Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” yang dilaksanakan di Balai Desa Lembang, program sosialisasi keliling kepada tiap-tiap Posyandu di Desa Lembang, serta melaksanakan kegiatan kampanye terbuka di pasar tumpah Sesko AU Lembang dengan judul kampanye “Campaign: Lebih Asik Tanpa Plastik”.

“Harapannya, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini akan menumbuhkan kesadaran dan menanamkan pengetahuan mengenai pentingnya green packaging pada warga Desa Lembang, UMKM, dan seluruh elemen masyarakat dapat menerapkan kebiasaan baru di kehidupan sehari-hari demi terjaganya lingkungan dan kesehatan Desa Lembang,” ujar peserta KKN dari Fakultas Farmasi Devani Olivia Winardi.

Tim KKN Unpad juga merangkai berbagai program untuk meningkatkan rasa kebersamaan dengan warga sekitar seperti kegiatan senam bersama hingga bermain bersama dalam kunjungan ke Planet Kreatif Disabilitas di Desa Lembang.

“Dengan adanya program senam bersama dan kunjungan ini dapat memberikan banyak sekali pelajaran bagi kami mahasiswa serta membangun hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar,” ujar peserta KKN dari Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Muhamad Ikram.

Sambutan positif juga didapatkan dari sejumlah warga desa yang mengikuti berbagai program yang disediakan.

“Program KKN Unpad tahun ini sangatlah berkesan bagi kami mayarakat Desa Lembang, dan diharapkan dengan adanya sosialisasi yang telah dilakukan akan mengubah kebiasaan warga Desa Lembang yang masih sering menggunakan plastik, serta semoga program yang sama bisa kembali dilakukan di desa ini kedepannya,” ujar Sekretaris Desa Lembang Taufik. (rilis)*

Share this: