Mahasiswa Unpad Tanam Pohon di Bantaran Sungai di Rancaekek

KKN Unpad
Mahasiswa Universitas Padjadjaran menanam pohon di bantaran sungai Cimande dan Cikijing, Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, 3 Februari 2023.*

Laporan oleh Salsabila Diah Diometa

[Kanal Media Unpad] Tim KKN Integratif Universitas Padjadjaran dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Rija Sudirja, S.P, M.T., melakukan kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai Cimande dan Cikijing, Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Kegiatan  dengan tema “Gerakan Jumat Menanam” ini diselenggarakan 3 Februari 2023 lalu.

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa, Jajaran Staf UPTD STPH Dinas Kehutanan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Desa Linggar, dan Masyarakat Desa Linggar. Demikian dikutip dari laman Faperta Unpad.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala UPTD Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan (SPTH) Dinas Kehutanan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Sekdes Desa Linggar, dan Masyarakat Desa Linggar.

Bibit pohon yang ditanam, yaitu mahoni, flamboyan, dan sengon, serta bibit tanaman buah seperti jeruk, jambu, kopi, dan sebagainya. Penanaman beragam bibit pohon tersebut ditujukan untuk pelestarian lingkungan di bantaran sungai Cimande. Produksi buahnya pun dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar.

“Dalam rangka kita melestarikan lingkungan dan mengendalikan kerusakan lahan akibat dampak pencemaran limbah industri, kita perlu melakukan upaya nyata diantaranya menanam pohon di sepanjang sungai yang mengalir di sekitar wilayah terkena dampak ,” ujar Rija selaku dosen pembimbing sekaligus Wakil Dekan II Fakultas Pertanian.

Sempadan sungai Cimande dan Cikijing Desa Linggar termasuk lahan yang terdampak limbah industri. Hal ini terlihat dari banyaknya lahan sekitar yang terbengkalai karena sulit berproduksi dengan baik akibat buruknya kualitas lahan.

Kepedulian dalam melakukan gerakan menanam pohon, khususnya di sempadan sungai dinilai akan memberikan kenyamanan, keindahan, dan kelestariannya. Riza berharap sempadan sungai yang ditanami pohon ini dapat lebih asri serta dapat dijaga oleh masyarakat sehingga bermanfaat.

Pemerintah Desa Linggar yang diwakili Sekertaris Desa Linggar Atep Yusuf Hamdani, S.IP. menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa Unpad yang telah melaksanakan program penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai Cimande. 

“Mudah mudahan kegiatan ini terus berlanjut dan diharapkan setiap kegiatan KKN di Desa Linggar mahasiswa dapat menggali permasalahan yang ada di masyarakat dan dapat memecahkan atau mencari solusinya sehingga kegiatan KKN ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya. 

Sambutan positif juga disampaikan oleh Dr. Dede Mahmiludin selaku Kepala UPTB SPTH Dinas Kehutanan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Unpad yang telah melakukan kegiatan kalaborasi dengan Sertivikasi Pembenihan Tanaman Hutan (SPTH) Dinas Kehutanan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Unpad kami support karena ini merupakan grand design penanaman pohon di lahan lahan kritis,” ujar Dede.

Dr Dede Mahmiludin juga mengutarakan harapannya agar masyarakat dipandu oleh Mahasiswa Unpad dapat bersama-sama memelihara bibit pohon yang telah ditanam agar cepat tumbuh dan produksi buahnya, sehingga benefit yang dihasilkan juga segera dirasakan oleh masyarakat. (rilis)*

Share this: