Perkuliahan Semester Genap, Mahasiswa Kembali Datang ke Kampus

kuliah di unpad
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti berdiskusi dengan mahasiswa di Kantin Akademik Halal dan Tayib Unpad, Jatinangor, Senin (20/2/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Masa perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Padjadjaran sudah dimulai pada Senin (20/2/2023). Pada semester genap ini, Unpad sudah memberlakukan proses pembelajaran di dalam kampus.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengatakan, kegiatan pembelajaran di semester genap dilakukan dengan opsi di dalam kampus atau secara hibrid. Pembelajaran di kampus dilakukan dengan kehadiran mahasiswa secara luring di kelas (tatap muka).

Sementara metode hibrid diperbolehkan jika ada perkuliahan yang diikuti oleh mahasiswa di luar kampus.

“Jadi kuliah hibrid dilakukan khususnya jika ada mahasiswa yang sedang tugas ke luar kota, magang, atau ada mahasiswa dari luar yang akan mengikuti perkuliahan,” kata Rektor.

Untuk mendukung proses pembelajaran luring, Rektor mendorong setiap fakultas dan unit kerja untuk membuka kembali fasilitas penunjang pembelajaran, seperti kantin, sarana ibadah, sarana olahraga, hingga fasilitas kemahasiswaan lainnya. “Kita buka untuk menyertai kegiatan di kampus,” ujarnya.

Di hari pertama perkuliahan, Rektor juga berkesempatan meninjau fasilitas kantin di Kantin Halal dan Tayib serta kantin di Fakultas Ilmu Komunikasi. Berdasarkan pemantauan, banyak mahasiswa yang sudah datang ke kampus.

Di kantin tersebut, Rektor mendengar beragam aspirasi mahasiswa mengenai sarana kantin yang ideal. “Banyak mahasiswa yang memilih makan di kantin. Untuk itu, fakultas kami dorong untuk kembali membuka kantin yang enak, sehat, dan terjangkau,” kata Rektor.

Rektor pun berpesan kepada mahasiswa untuk tetap menjaga kesehatan selama berada di kampus. Kendati status PPKM sudah dicabut, aktivitas menjaga kesehatan diri tetap dilakukan, salah satunya adalah menerapkan aturan bermasker.

“Sepanjang mahasiswa sehat silakan untuk tidak bermasker, tetapi kalau dekat dengan temannya terlalu lama, ada baiknya pakai masker, atau di ruangan ber-AC silakan pakai masker. Pengaturan kapan mahasiswa pakai masker tolong jadi perhatian,” pesannya.

Terakhir, kata Rektor, Unpad menyambut kembali kedatangan mahasiswa ke kampuas. “Harus semangat ikut kuliah. Insyaallah para dosen sudah menyatakan kesediaannya untuk memberi kuliah, membimbing, dan menguji mahasiswa di kampus,” pungkasnya.*

Share this: