SNBP 2023, Pilih Prodi yang Sesuai Minat dan Kemampuan

kampus Unpad
Ilustrasi foto: Dadan Triawan.*

[Kanal Media Unpad] Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 dibuka pada Selasa (14/2/2023) pukul 15.00 WIB. Daya tampung Universitas Padjadjaran untuk jalur SNBP 2023 adalah sebesar 20 persen dari total daya tampung keseluruhan.

“Pilih program studi sesuai minat dan kemampuan, agar tidak terjadi kendala  pada saat studi nanti di kuliah,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita.

Prof. Arief menegaskan, memilih program studi sesuai minat dan kemampuan penting dilakukan. Jangan memilih program studi yang tidak sesuai minat/kemampuan, memilih karena diminta atau ikut-ikutan, hingga memilih karena program studi tersebut memiliki tingkat keketatan yang rendah. Hal ini dikhawatirkan akan membuat proses belajar di perguruan tinggi menjadi tidak optimal.

Kendati demikian, memilih program studi sesuai minat atau passion saja tidak cukup. Ketidakmampuan diri untuk mengikuti perkuliahan juga bisa menjadi sesuatu yang menghambat proses perkuliahan. Untuk itu, memilih program studi juga harus disesuaikan dengan kemampuan diri.

“Jadi  walaupun passion-nya ke sana, kalau kemampuannya belum begitu kuat jangan terlalu dipaksakan,” ujarnya.

Selain itu, Prof. Arief mengingatkan, memilih perguruan tinggi di SNBP harus disesuaikan dengan dukungan dari faktor lain, salah satunya kemampuan dari segi biaya. Ia mendorong pendaftar untuk memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan jarak dan kemampuan finansial.

Terkait hal ini, Unpad berkomitmen untuk membantu mahasiswa jika sewaktu-waktu memiliki kendala saat berkuliah. “Jadi mungkin bisa dipilih kampus yang sesuai dengan kemampuan orang tua. Dalam hal ini, Unpad juga tentu akan membantu jika ada mahasiswa yang memerlukan bantuan,” kata Prof.  Arief.

Pada tahun ini, pendaftaran program studi di SNBP bisa terbuka oleh seluruh pendaftar dari berbagai bidang keilmuan. “Kita percaya dengan sistem seleksi yang digunakan untuk SNBP, Dengan menggunakan model yang sekarang, seluruh mata kuliah bisa menyaring sesuai dengan kemampuan dasarnya,” kata Prof. Arief.

Dengan dibukanya pendaftar dari berbagai disiplin ilmu mengakibatkan meningkatnya tingkat keketatan untuk masuk Unpad. Diharapkan tingkat keketatan yang makin tinggi akan pula meningkatkan kualitas mahasiswa yang akan diterima Unpad.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan hasil paling baik. Walaupun demikian, tingkat keketatan yang meningkat tidak terjadi di semua program studi,” kata Prof. Arief.*

Share this: