Tandatangani Kontrak Konstruksi, Pembangunan RSPTN akan Terwujud

RSPTN Unpad
Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan RSPTN Unpad, dr. Rova Virgana, Sp.M., (kedua dari kiri) dan Senior Vice President. Head of Building Operation Division PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk, Andek Prabowo menandatangani Kontrak Konstruksi Pekerjaan Pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Padjadjaran di Ruang Rapat Bersama II Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Jumat (17/2/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Destiana Fadilah

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran dan PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. melakukan penandatanganan Kontrak Konstruksi Pekerjaan Pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Padjadjaran di Ruang Rapat Bersama II Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Jumat (17/2/2023).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Pembuat Komitmen Pembangunan RSPTN Unpad, dr. Rova Virgana, Sp.M., dan Senior Vice President. Head of Building Operation Division PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk, Andek Prabowo.

Ketua Tim RSPTN Unpad, Prof. Dr. Ace Tatang Hidayat, M.Si., menyampaikan bahwa rumah sakit tersebut dibangun bersama Pemprov Jawa Barat, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat Jabar dan implementasi tridarma perguruan tinggi.

Pembangunan tersebut melibatkan PT. Pembangunan Perumahan sebagai kontraktor pelaksana. Tahap awal adalah pembangunan Gedung A yang memiliki 5 lantai dengan luas 10.653 meter persegi yang berlokasi di wilayah kampus Unpad Jatinangor. Pembangunan tahap awal ini menargetkan 100 tempat tidur.

“Kalau kita kualifikasikan rumah sakit mungkin di tahap awal ini adalah kelas C,” ujar Prof. Ace.

Prof. Ace berharap, pembangunan RSPTN ini akan berlanjut sesuai dengan masterplan awal yang telah direncanakan.

“Ini baru tahap awal. Mudah-mudahan ke depan bisa kita lanjutkan untuk kelas A,” ungkap Prof. Ace.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad, Prof. Dr.Ida Nurlinda, M.H., mengatakan pembangunan RSPTN merupakan harapan bersama warga Unpad sekaligus memenuhi kebutuhan rumah sakit di wilayah Jatinangor.

Unpad dinilai memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk pembangunan RSPTN. Selain itu, adanya rumah sakit juga dapat turut mengembangkan keilmuan di Unpad.

“Ini menjadi titik awal ke depan. Tidak saja untuk Unpad maupun rumah sakit yang berkualitas tetapi juga ini adalah upaya bagaimana kita bisa mengatasi kesehatan masyarakat, khususnya di daerah Provinsi Jawa Barat, khususnya lagi di daerah Kabupaten Sumedang,” ujar Ida.

Perwakilan Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Barat, dr. Vini Adiani Dewi menyatakan bahwa pembangunan RSPTN ini sesuai visi Jawa Barat agar dapat meningkatkan pelayanan publik.

“Kami dari Pemprov pada dasarnya sangat mendukung pembangunan rumah sakit ini karena memang menjadi cita-cita kami,” ujar Vini.

Sementara itu, Senior Vice President. Head of Building Operation Division PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk, Andek Prabowo mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen terhadap kualitas, tepat budget, tepat waktu, tertib administrasi, serta sesuai dengan aturan keselamatan kerja dan lingkungan.

Andek mengatakan, pengejaan pembangunan akan dilakukan selama 315 hari dan diupayakan dipercepat menjadi 300 hari.

Dengan kerja sama seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, diharapkan tujuan dari pembangunan rumah sakit dapat tercapai.

“Harapan kami ke depan sinergi antara PT. PP dengan Unpad lebih baik,” harapnya.

Acara penandatanganan Kontrak Konstruksi ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, tim adhoc pengembangan RSPTN Unpad, sejumlah direktur, serta sejumlah dekan fakultas rumpun kesehatan di lingkungan Unpad. (arm)*

Share this: