Unpad Gelar Pelatihan Pelatih bagi Dosen Pendamping PKM

PKM
Suasana kegiatan pelatihan pelatih Dosen Pendamping PKM di Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, Jumat (3/2/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pelatih atau Training of Trainer (ToT) bagi para Dosen Pendamping Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, 1 – 3 Februari 2023.

Perwakilan tim PKM Unpad Vira Kusuma Dewi, PhD, peserta yang mengikuti pelatihan pelatih PKM ini adalah para dosen perwakilan setiap program studi dari berbagai fakultas di Universitas Padjadjaran. Masing-masing program studi mengirimkan 3-5 orang dosen yang akan menjadi Dosen Pendamping PKM.

Perwakilan lain Dr. Budi Irawan, M.Si., mengatakan, kegiatan pelatihan kali ini menjadi spesial karena pada tahun ini Unpad ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). “Pimnas ini merupakan muara dari kegiatan PKM,” kata Budi.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari para reviewer internal Unpad dari berbagai fakultas yang telah berpengalaman membimbing PKM dan meraih prestasi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Materi yang diberikan meliputi serba-serbi PKM, tips mengemas proposal PKM berdasarkan panduan yang ditetapkan.

Selain itu, Vira mengatakan, materi juga menjelaskan 10 skema PKM. Sepuluh skema PKM tersebut antara lain PKM RE (riset eksakta), PKM Riset Sosial Humaniora, PKM Kewirausahaan, PKM Karsa Cipta, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Penerapan IPTEK, PKM Video Gagasan Konstruktif, PKM Gagasan Futuristik Tertulis, serta PKM Artikel Ilmiah. Selain itu, dipaparkan juga tips untuk mengemas proposal berdasarkan panduan yang diberikan.

“Kegiatan ToT ini merupakan salah satu rangkaian Program Direktorat tentang PKM dan Pimnas,” kata Budi.

Selanjutnya, akan dilaksanakan Bimbingan Teknis dan Kelas PKM yang akan dilaksanakan secara daring dan luring pada tanggal 7-16 Februari 2023 mendatang. Kegiatan bimtek dan kelas PKM tersebut ditujukan bagi para mahasiswa yang akan mengikuti PKM. Selain itu, Unpad juga menyediakan Hibah PKM-like sebesar Rp1.500.000 bagi proposal yang lolos upload ke Simbelmawa.

Kuota PKM yang tersedia di Unpad tahun ini adalah sebanyak 500 proposal. Budi mengatakan, penyelenggaraan kegiatan Tot ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas proposal PKM yang didanai. Selain itu, melalui kegiatan PKM ini diharapkan lebih banyak mencetak mahasiswa yang berprestasi di ajang Pimnas.

Adapun tim reviewer internal Unpad terdiri dari Dr. Cukup Mulyana, Santika Sari, MP. Prof Tati Herlina, Dr. Diana Rakhmawaty Eddy, Dr. Kartika Hajar Kirana, Kusnahadi Susanto, MT, Dr. Ade Zuhrotun, Dr. Budi Irawan dan Vira Kusuma Dewi, Ph.D. (arm)*

Share this: