Empat Bidang Ilmu Unpad Berhasil Masuk QS WUR by Subject 2023

kampus unpad
Salah satu sudut di kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran berhasil meraih peningkatan positif pada pemeringkatan QS World University Rankings by Subject yang dirilis Kamis (24/3/2023) lalu. Pada tahun ini, ada empat bidang ilmu di Unpad yang berhasil masuk QS WUR by Subject.

Empat bidang ilmu tersebut, yaitu: Medicine pada peringkat 500 – 551, Economic and Econometrics pada peringkat 451 – 500, Law and Legal Studies pada peringkat 301 – 350, serta Business and Management Studies pada peringkat 551 – 580. 

Peringkat bidang ilmu Medicine pada tahun ini naik 100 peringkat dari tahun sebelumnya yaitu 600 – 651. Sementara bidang ilmu Law and Legal Studies dan Business and Management merupakan dua bidang ilmu baru yang berhasil masuk ke pemeringkatan tersebut.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, keberhasilan empat bidang ilmu Unpad yang masuk pemeringkatan QS WUR by Subject 2023 menandakan bahwa progres Unpad untuk membangun akademik yang makin kuat dan terekognisi internasional makin meningkat.

“Tambahan dua bidang ilmu yang masuk dalam remote-nya QS WUR by Subject artinya perjalanan peningkatan kualitas Unpad untuk terekognisi internasional makin kuat, skor kita makin tinggi,” kata Rektor.

Rektor menjelaskan, Unpad terus mendorong seluruh bidang ilmu untuk memperkuat jejaring dengan internasional. Dua fokus aktivitas yang mengharuskan membangun jejaring internasional adalah bidang akademik dan riset. Dua bidang ini menjadi strategi jitu untuk meningkatkan rekognisi Unpad di kancah internasional.

Internalisasi aktivitas internasionalisasi di lingkungan kampus diperlukan. Dosen dan fakultas perlu memperkuat jejaring internasional. Tidak hanya di bidang akademik atau pertukaran mahasiswa, tetapi juga membangun kolaborasi riset dengan peneliti di luar. Upaya ini makin memudahkan Unpad untuk dikenal di tingkat internasional.

“Bagaimana mungkin kita bisa direkognisi kalau portofolio tidak ada,” kata Rektor.

Melalui sinergi membangun jejaring internasional, diharapkan makin banyak bidang ilmu lain di Unpad yang masuk pemeringkatan QS WUR by Subject. Rektor optimistis, capaian baik pada pemeringkatan tersebut akan meningkatkan peringkat Unpad di pemeringkata QS World University Rangkings.*

Share this: