Unpad Gelar Sosialisasi Program Pensiun bagi PNS

Taspen
Kepala Cabang PT. Taspen KCU Bandung Jhon Irwan memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Program Pensiun Taspen Group Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Universitas Padjadjaran di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (15/3/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar Sosialisasi Program Pensiun Taspen Group Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Universitas Padjadjaran di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (15/3/2023). Sosialisasi ini diikuti dosen dan tenaga kependidikan PNS di lingkungan Unpad yang akan memasuki masa pensiun per April tahun ini.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H., mengatakan, sosialisasi ini penting dilakukan untuk para dosen dan tenaga kependidikan yang akan memasuki masa pensiun. Memasuki masa purnabakti, persiapan yang baik perlu dilakukan, tidak semata konteks lahiriah tetapi batiniah.

“Sosialisasi ini akan memberikan masukan yang signifikan bahwa hakikatnya ini adalah soal perjalanan yang harus dilalui dan ada program yang bisa diikuti dan guidance yang disampaikan dalam acara ini,” kata Prof. Ida.

Prof. Ida pun menyampaikan bahwa meski memasuki masa pensiun, para dosen dan tenaga kependidikan tetap menjadi bagian dari keluarga besar Unpad. Apresiasi pun disampaikan atas kontribusi dosen dan tenaga kependidikan yang telah menjadi bagian dalam perjalanan Unpad selama 65 tahun.

“Tentu kontribusi selama mengabdikan diri di Unpad adalah hal yang tidak akan terlupakan, dan semoga menjadi amal kebaikan Bapak/Ibu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Taspen KCU Bandung Jhon Irwan mendorong agar dosen dan pegawai untuk segera mengurus berbagai berkas persyaratan sebelum jatuh tempo masa pensiun. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar proses pencairan program pensiun pegawai tidak mengalami keterlambatan.

“Ini sesuai dengan apa yang dijalankan PT. Taspen berupa 5T, yaitu: tepat orang, tepat jumlah, tepat waktu, tepat tempat, dan tempat administrasi. Itu betul-betul kita jalankan tidak hanya sebagai slogan,” kata Jhon.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya juga akan menyampaikan hak apa saja yang akan diterima dosen dan pegawai pensiunan. Mulai dari pensiun bulanan, pensiun ke-13, pensiun tunjangan hari raya, hingga tunjangan lainnya.

Jhon pun mengingatkan dosen dan pegawai untuk mewaspadai berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan PT. Taspen. “Hati-hati penipuan. Taspen dalam melayani program ini tidak pernah ada menarik biaya dan tidak ada janji-janji ada hadiah dari Taspen,” ujarnya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan program pensiun oleh Services Section Head PT. Taspen KCU Bandung Putri Ayu Wulandari serta Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Harry Agustama.*

Share this: