Kewirausahaan Syariah dapat Membangun Masyarakat Madani

kajian masjid raya unpad
Ketua Pusat Inkubasi Bisnis/Oorange Universitas Padjadjaran Rivani, M.M., DBA. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang juga Ketua Pusat Inkubasi Bisnis/Oorange Universitas Padjadjaran Rivani, M.M., DBA, mengatakan, praktik kewirausahaan syariah jika terus diimplementasikan akan berpotensi membangun masyarakat madani.

Hal tersebut disampaikan Rivani saat mengisi Kajian Tematik Masjid Raya Unpad yang digelar di Selasar Masjid Raya Unpad, Jatinangor, Jumat (31/3/2023) lalu. Pada kesempatan tersebut Rivani membawakan materi mengenai “Wirausaha Syariah untuk Membangun Masyarakat Madani”.

Rivani menjelaskan, kewirausahaan syariah merupakan upaya menciptakan berbagai ide kreatif dan inovatif. Ide tersebut kemudian akan dikelola melalui usaha yang sesuai dengan syariah Islam. Hasil dari ide dan usaha tersebut kemudian dapat memberikan nilai lebih bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dijelaskan Rivani, masyarakat madani merupakan suatu sistem yang subur dan sangat menjamin prinsip moral. Ada keseimbangan antara kebebasan individu dan stabilitas masyarakat di dalamnya. Karena itu, kewirausahaan syariah menjadi jalan peningkatan ekonomi yang berpengaruh pada penguatan masyarakat madani.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, Rivani menegaskan bahwa kewirausahaan identik dengan upaya membangun kemandirian, yaitu keinginan kuat untuk mengubah nasib. “Konteks ini sesuai dengan ayat Al-Quran di Surah Ar-Rad ayat 11,” kata Rivani. (rilis)*

Share this: