KPM Unpad Perkaya Wawasan Protokoler Muda Seputar Keprotokolan

Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Padjadjaran melakukan kunjungan ke Kantor Protokol Gubernur Jawa Barat, Senin (27/3/2023).*

Laporan oleh Destiana Fadilah

[Kanal Media Unpad] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Padjadjaran menggelar Akademi KPM Unpad 2023 Batch I dengan tema “Grow Up Your Quality and Reach the Great Capability” di Ruang Lecture, Lantai 2 Gedung Akademik 1, Fakultas Keperawatan Unpad, Jatinangor, dan Ruang Protokol Gubernur Jawa Barat, Bandung, pada Sabtu-Senin, 25-27 Maret 2023.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bagi Protokoler Muda Angkatan 2022 untuk meningkatkan wawasan mengenai KPM Unpad dan kemampuan dalam bidang keprotokolan,” ungkap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat KPM Unpad 2023 Salma Khaerunnisa dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi terkait Wawasan Keunpadan oleh Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Universitas Padjadjaran, Ahmad Baehaqi, S.Si., MT. Acara dilanjutkan dengan materi Basic knowledge and Understanding KPM Unpad: It’s Structures and Systems oleh Ketua Umum KPM Unpad 2023, Savitri Kartika Yutantri, materi Introduction to Event Management oleh Co-Founder of Triaskara Talent Management Aditya Widiyanto, dan Public Speaking Class oleh Professional Master of Ceremony Ogy Fernandiangga, S.I.Kom, C.T.

Hari kedua kegiatan tersebut diisi dengan pematerian mengenai Humas KPM dan Liaison Officer oleh Kepala Divisi Hubungan Masyarakat KPM Unpad 2023 Salma Khaerunnisa dan Post to Post Event Organizer mengenai job description dari divisi yang dibawakan, alur konten materi, technical issues atau kendala dari divisi yang dibawakan, hingga tips and trick menjadi seorang event organizer yang baik oleh Pengurus KPM Unpad 2023.

Pada hari terakhir, KPM Unpad mengunjungi Protokol Gubernur Jawa Barat sekaligus mendapatkan pematerian mengenai sejarah dan tujuan keprotokolan, sumber hukum yang diterapkan dalam setiap kegiatan keprotokolan, jenis acara dan karakteristiknya, implementasi dalam acara kenegaraan atau acara resmi, kepribadian seorang protokoler, etika dan etiket seorang petugas protokol, dan pemaparan bagaimana cara untuk berjalan, duduk hingga berdiri untuk seorang protokoler. Selain itu, KPM Unpad juga melakukan company tour Gedung Sate. (rilis)*

Share this: