prof. nanan sekarwana
Jenazah Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Nanan Sekarwana, dr., Sp.A(K), MARS., tiba di Masjid Al-Jihad Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, untuk menjalani upacara pelepasan yang dilakukan keluarga besar Unpad, Sabtu (8/4/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali berduka. Salah seorang guru besarnya, Prof. Dr. Nanan Sekarwana, dr., Sp.A(K), MARS, meninggal dunia pada usia 73 tahun di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jumat (7/4/2023) pukul 13.55 WIB.

Almarhum Prof. Nanan Sekarwana merupakan Guru Besar Purnabakti pada Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Unpad. Meraih gelar sebagai dokter umum di FK Unpad pada 1976, almarhum kemudian melanjutkan studi ke Program Dokter Spesialis Anak dan lulus pada 1985.

Usai meraih gelar dokter spesialis anak, almarhum Prof. Nanan Sekarwana melanjutkan pendidikan ke program Advance Pediatric Neurology I/II di University of Groningen, Belanda, pada 1991-1993, Kajian Administrasi Rumah Sakit di Universitas Indonesia pada 1996, dan Program Doktor Ilmu Kedokteran di FK Unpad pada 2005.

Selain menjadi dokter dan pengajar, almarhum diamanahi sejumlah tugas di luar akademik,  di antaranya Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unpad (2005-2014), Direktur Bidang Medik dan Keperawatan RSHS (2001-2006), hingga Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPT Kes) sejak 2016.

Bahkan, di akhir usianya, almarhum Prof. Nanan Sekarwana masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (Unisba) sejak 2020.

Almarhum mendapat penghormatan terakhir dari segenap keluarga besar Unpad dalam upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Sabtu (8/4/2023).

Almarhum secara resmi dilepas Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Dalam sambutannya, dedikasi almarhum dalam memajukan Unpad tidak hanya dari sisi kepakarannya sebagai seorang ilmuwan. Almarhum Prof. Nanan Sekarwana juga berjasa dalam mengembangkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon II (Menwa Yon II) Unpad.

Usai mendapat penghormatan terakhir, almarhum Prof. Nanan Sekarwana diberangkatkan menuju tempat peristirahatan terakhirnya di Pemakaman Umum Sirnaraga, Bandung. Selamat jalan, Prof. Nanan Sekarwana.*

Share this: