kerja sama unpad
Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Universitas Padjadjaran Prof. Yanyan M. Yani bersama Direktur Human Capital Alfamart Tri Wasono Sunu menunjukkan dokumen Nota Kesepahaman dalam pertemuan yang digelar di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (17/4/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran mempererat kolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (17/4/2023).

Nota Kesepahaman ditandatangani Direktur Human Capital Alfamart Tri Wasono Sunu dengan Rektor yang diwakili Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D. Acara juga dihadiri sejumlah pimpinan di lingkungan Unpad.

Pada kesempatan tersebut, Sunu mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari implementasi strategic action plan Alfamart terutama terkait corporate reputation. Dengan demikian, Alfamart ingin menjalin kerja sama yang lebih erat dengan perguruan tinggi, khususnya dengan Universitas Padjadjaran.

“Sebagai sebuah korporasi kami tentunya ingin belajar secara keilmuan, di sisi yang lain kami punya pengalaman di dalam praktik sehingga hal ini bisa menjadi sebuah kolaborasi yang menarik,” ujar Sunu.

Kerja sama ini akan dilakukan melalui tiga pilar, yaitu pendidikan, UMKM, dan kemitraan. Melalui pilar pendidikan, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan Unpad mengenai retail.

Pilar pendidikan ini juga akan dilakukan dengan program pematangan mengenai dunia retail kepada mahasiswa. Program pematangan ini dapat dilakukan melalui MBKM atau program reguler yang didesain khusus antara Unpad dan Alfamart.

“Di bidang pendidikan kami juga sangat membuka diri terkait dengan proses-proses perekrutan atau pengembangan karir bagi mahasiswa atau lulusan universitas,” ujar Sunu.

Pada pilar UMKM, Unpad dan Alfamart diharapkan dapat mengembangkan UMKM sekaligus mendorong produknya dapat dipasarkan secara nasional. Selain itu, melalui kolaborasi ini juga diharapkan ada pengembangan produk dari Unpad untuk dapat masuk gerai Alfamart.

Sementara terkait pilar kemitraaan, diharapkan ada pengembangan kemitraan yang saling menguntungkan, seperti sewa lokasi atau pembukaan gerai baru.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Yanyan berharap kerja sama ini dapat segera diimplementasikan dengan baik.

“Saya atas nama Universitas Padjadjaran menyambut baik kerja sama di antara kita,” kata Prof. Yanyan.

Menurut Prof. Yanyan, kerja sama ini akan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar mengenai dunia usaha langsung dari praktisi. Prof. Yanyan pun berharap mahasiswa Unpad dapat mendapatkan ilmu dari pengalaman yang diperoleh Alfamart.

“Diharapkan kerja sama ini akan berkesinambungan. Itu yang utama,” harap Prof. Yanyan. (arm)*

Share this: