Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Upaya Perkuat Semangat Kebangsaan Pascapandemi

hari kebangkitan nasional
Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (22/5/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menyelenggarakan upacara Peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 di Halaman Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (22/5/2023). Tahun ini, peringatan Kebangitan Nasional mengangkat tema “Semangat untuk Bangkit”.

Pada upacara tersebut, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti yang bertindak sebagai Pembina Upacara membacakan Sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI Prof. Mahfud MD.

Dalam pidatonya, Rektor membacakan bahwa barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan.

“Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak, mengobarkan api Semangat Untuk Bangkit! demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Rektor.

Barisan perjuangan rakyat Indonesia pun terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

“Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” kata Rektor.

Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan bersama, termasuk terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20.

Selain itu, kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan ditunjuknya Indonesia sebagai ketua dalam forum ASEAN di tahun 2023.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pascapandemi Covid-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Mengutip perkataan dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”.

“Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” ajak Rektor.

Diharapkan, bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit!”

Pada pelaksanaan upacara tersebut, Dekan FTG Prof. Mega Fatimah Rosana bertindak sebagai petugas pembaca Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, serta Dekan FMIPA Prof. Iman Rahayu bertindak sebagai pembaca doa. Acara ini juga melibatkan petugas dari Paduan Suara Mahasiswa, KPM, Menwa, dan Pramuka Unpad. (arm)*

Share this: