Lolos Seleksi Wilayah, Dua Mawapres Unpad akan Berlaga di Pilmapres Tingkat Nasional

mawapres unpad
Kiri ke kanan: Randi Saputra dan Ahnaf Fairuzuhdy Aslam, dua mahasiswa berprestasi Universitas Padjadjaran yang berhasil lolos seleksi Pilmapres tingkat wilayah.*

[Kanal Media Unpad] Dua mahasiswa berprestasi perwakilan Universitas Padjadjaran lolos seleksi tingkat wilayah Pilmapres tingkat wilayah Jabar dan Banten yang dilaksanakan di kampus Unikom Bandung, Rabu (10/5/2023). Mereka adalah Randi Saputra dan Ahnaf Fairuzuhdy Aslam.

Randi merupakan mahasiswa  Program Studi Pemasaran Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang mewakili Unpad di Pilmapres jenjang Sarjana Terapan dan Ahnaf Fairuzuhdy Aslam merupakan mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional FISIP Unpad yang mewakili Unpad di PIlmapres jenjang Sarjana.

“Semoga melalui pencapaian ini, bisa menginspirasi banyak orang khususnya mahasiswa Unpad lainnya untuk terus berprestasi dan membanggakan almamater tercinta,” harap Randi saat diwawancarai Kanal Media Unpad.

Pada Pilmapres tingkat wilayah, peserta terlebih dahulu melakukan pengumpulan berkas  seperti Berkas Capaian Unggulan (CU), Proposal Gagasan Kreatif (GK) atau Produk Inovatif (PI) dan pembuatan video presentasi tentang SDGs menggunakan bahasa Inggris.

Selanjutnya, peserta terpilih melakukan presentasi langsung di hadapan juri dan terpilih 13 mahasiswa, terdiri dari tujuh Sarjana dan enam Diploma yang akan bertanding di Pilmapres tingkat nasional.

“Insyaallah kami akan mempersiapkan untuk mengikuti ajang seleksi Pimapres tingkat Nasional dalam waktu dekat,” ujar Randi.

Persiapan Randi untuk kompetisi ini sendiri dilalui cukup panjang, yang dimulai sejak menjadi mahasiswa baru dengan mengumpulkan berbagai prestasi.

Setelah terpilih menjadi salah satu mawapres tingkat Unpad, Randi pun mengikuti persiapan intesnif dari sejumlah dosen Unpad. Persiapan dilakukan melalui berbagai aspek, mulai persiapan berkas hingga persiapan materi.

“Persiapan dilakukan dengan maksimal agar bisa memberikan hasil terbaik untuk Unpad,” ungkapnya.

Setelah Pilmapres tingkat wilayah, Randi dan Ahnaf pun akan memantapkan diri untuk Pilmapres tingkat nasional.

“Harapannya, semoga saya bisa mengatur waktu dengan baik di tengah segala kesibukan demi bisa memberikan performa yang terbaik untuk almamater, Universitas Padjadjaran,” harapan Ahnaf.

Randi sendiri saat ini merupakan penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan dan Bidikmisi Indonesia. Prestasi terakhir yang diraih adalah peraih medali emas pada kompetisi International Business Idea Pitching Competition 2022.

Sementara Ahnaf merupakan penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek dan Young Leaders Indonesia McKinsey & co. Prestasi terakhir yang diraih adalah juara I Business Case Competition oleh BFF dan juara II UBSC yang digelar UII dan Perusahaan Gas Negara.

Karya Inovatif

Pada ajang Pilmapres tahun ini, dua mahasiswa Unpad mengajukan gagasan inovatif dan produk inovatif terkait perkembangan dunia digital yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat.

“Saya mengangkat isu pendidikan, khususnya mengenai sistem seleksi masuk PTN. Ide yang saya angkat merupakan solusi digital yang menyasar pelajar dengan keterbatasan finansial hingga pelajar difabel. Ide ini berangkat dari @bersinarproject, kegiatan nonprofit yang saya bangun sejak 2020 dan telah membantu 80.000 calon mahasiswa mempersiapkan UTBK secara gratis,” ungkap Ahnaf mengenai gagasan inovatifnya.

Sementara itu, Randi membuat produk inovatif berupa platform untuk mengoptimalkan kegiatan endorsement pada pelaku UMKM, yaitu berupa aplikasi mobile dan website.

“Inovasi ini bertujuan untuk mempertemukan pelaku UMKM  dengan influencer marketing yang tepat dan sesuai kebutuhan sehingga kegiatan endorsement yang dilakukan oleh pelaku UMKM dapat lebih optimal,” ujar Randi.

Lebih lanjut Randi mengatakan bahwa saat ini inovasi tersebut masih berbentuk prototipe dan sedang pengembangan situs yang  dapat di akses pada https://endorse.top. (arm)*

Share this: