Pelajari Pengelolaan PTN BH, UNS Kunjungi Unpad

Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Isis Ikhwansyah, M.H., CN, menerima kunjungan dari Universitas Negeri Sebelas Maret di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu (17/5/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menerima kunjungan kerja dari Universitas Sebelas Maret (UNS). Kunjungan diterima secara resmi di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu (17/5/2023).

Wakil Rektor Umum dan SDM UNS Dr. E. Muhtar, M.Si., CFrA, mengatakan, tujuan dari melakukan kunjungan ke Unpad adalah untuk belajar lebih lanjut mengenai pengelolaan PTN Badan Hukum. Sejak 2020, UNS resmi ditetapkan sebagai PTN BH oleh pemerintah. Namun, dalam pelaksanaannya banyak hal yang perlu dipelajari dari PTN BH lainnya.

Diakui Muhtar, kunjungannya kali ini merupakan kali kedua yang dilakukan UNS. Saat ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum (BLU), UNS banyak belajar dari Unpad mengenai pengalaman mengelola BLU. “Banyak hal yang kami temukan yang mendorong kami harus belajar lagi ke Bandung (Unpad),” kata Muhtar.

Beberapa hal yang ingin dipelajari mengenai penghitungan beban kerja dosen pengajar di FK, pengelolaan pusat karier dan konseling mahasiswa, pengembangan usaha dan bisnis, hingga mempelajari struktur organisasi serta pengelolaan tata kelola dan aset.

Muhtar mengatakan, dalam perjalanannya sebagai PTN BH, UNS diminta Kemendikbudristek untuk memperbaiki dan menyempurnakan beberapa struktur organisasi sesuai dengan amanat statuta yang ditetapkan.

“Mudah-mudahan, kunjungan ini bagi kami ada manfaatnya,” kata Muhtar.

Kunjungan tersebut diterima secara resmi oleh Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Prof. Dr. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., CN. Menurut Prof. Isis, melalui kunjungan tersebut, Unpad dan UNS bisa sama-sama belajar mengenai pengelolaan PTN BH yang baik.

“Unpad sampat saat ini juga masih belaja. Kami terbuka untuk menyampaikan berbagai informasi dan pengalaman sebatas yang kami miliki dan punyai,” kata Prof. Isis.

Selain Prof. Isis, dari Unpad hadir Direktur Keuangan dan Tresuri Edi Jaenudin, M.Si., Ak., Direktur Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset Edward Henry, M.M., Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Ahmad Baehaqi, serta Kepala Pusat Pengembangan Karier Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum.*

Share this: