Unpad Buka Rekrutmen Calon Dosen Formasi High Quality Talent

dosen high quality talent
Aktivitas riset di laboratorium Pusat Unggulan Institusi Perguruan Tinggi (PUI-PT) Nanopowder Fungsional Universitas Padjadjaran. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali membuka kesempatan bagi putra/putri terbaik bangsa yang berintegritas dan berdedikasi tinggi untuk diangkat menjadi Calon Dosen Tetap Non PNS formasi High Quality Talent (HQT).

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., MSc., PhD, menjelaskan, rekrutmen dosen ini merupakan upaya untuk mewujudkan visi Unpad masuk 500 besar peringkat perguruan tinggi dunia pada 2024. Dari hasil analisis, untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang andal dan unggul berkelas internasional.

High Quality Talent Lecturer ini ditujukan untuk merekrut para dosen dengan talenta dan kualifikasi unggul sehingga akan menjadi akselerator proses Unpad menuju peringkat 500 dunia,” ujar Aulia.

Ada tiga formasi rekrutmen yang disesuaikan dengan kualifikasi akademik pelamar. Formasi pertama untuk Fakultas Farmasi serta Departemen Kimia dan Departemen Fisika pada Fakultas MIPA. Formasi ini terbuka bagi pelamar lulusan S-3 dan memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-index ≥ 5.

Formasi kedua untuk FK, FKG, FMIPA (selain Departemen Kimia dan Fisika), Fapsi, Faperta, Fapet, FKep, FTIP, FPIK, FTG, dan Sekolah Pascasarjana. Formasi ini terbuka bagi pelamar lulusan S-3 dan memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-index ≥ 2.

Sementara formasi terakhir untuk FH, FEB, FISIP, FIB, dan Fikom. Formasi terbuka bagi pelamar lulusan S-3 dan memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, atau memiliki minimal satu publikasi pada jurnal internasional bereputasi berfaktor dampak dari Web of Science.

“Bagi Lulusan dari Top 50 QS World University Rankings by Subject dapat melamar menjadi dosen HQT tanpa dipersyaratkan memiliki publikasi jurnal internasional dalam lima tahun terakhir,” kata Aulia.

Selain kualifikasi tersebut, secara khusus, rekrutmen Calon Dosen High Quality Talent memiliki persyaratan usia maksimal 45 tahun pada 1 Agustus 2023, memiliki penguasaan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan yang baik. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri wajib dibuktikan dengan sertifikat TOEFL resmi minimal 550 atau IELTS minimal 6,5 yang masih berlaku minimal dua tahun sejak sertifikat dikeluarkan.

Selanjutnya, memiliki nilai tes potensi akademik (TPA) dengan nilai minimal 500 yang dibuktikan dengan sertifikat yang diselenggarakan oleh institusi resmi (PIP

Unpad, PLTI Himpsi, UGM, Unair, UI, Bappenas) yang masih berlaku minimal dua tahun sejak sertifikat dikeluarkan.

Persyaratan lainnya, bersedia menghasilkan minimal satu publikasi internasional pada tahun pertama, bersedia memenuhi semua ketentuan administrasi dalam bidang SDM yang berlaku di Unpad, bersedia bekerja penuh waktu dan tidak sedang menjalani kontrak dengan instansi lain, serta bersedia mengikuti seluruh tes dalam rangka penerimaan dosen High Quality Talent.

Pendaftaran Calon Dosen Tetap Non-PNS High Quality Talent Unpad dibuka mulai tanggal 22 Mei hingga 4 Juni 2023. Pelamar wajib mengirimkan berkas lamaran secara daring melalui laman https://recruitment.unpad.ac.id/ . Pengumuman seleksi administrasi akan dibuka pada 12 Juni 2023 mendatang.

Usai dinyatakan lolos seleksi administratif, pelamar kemudian akan menjalani seleksi psikologi, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Micro Teaching, serta tahap wawancara akhir.

Hasil akhir akan diumumkan pada 24 Juli 2023. Informasi persyaratan umum, khusus, dan berkas lamaran yang dibutuhkan dapat melihat pengumuman di tautan https://www.unpad.ac.id/pengumuman/pengumuman-penerimaan-calon-dosen-tetap-non-pns-formasi-high-quality-talent-hqt-unpad-tahun-2023/.*






Share this: