Ikuti NAFSA Annual Conference di AS, Unpad Jalin Kemitraan Internasional Unggulan

internasionalisasi unpad
Delegasi Universitas Padjadjaran saat melakukan kunjungan kerja di John Hopkins University, Maryland, Amerika Serikat.*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menjadi salah satu perguruan tinggi yang tergabung dengan delegasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI untuk menjadi peserta “75th NAFSA Annual Conference & Expo” di Washington DC, Amerika Serikat tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2023.

Acara tahunan ini merupakan ajang mempromosikan pengembangan profesional perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh National Association of Foreign Student Advisers (NAFSA). 

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., PhD, dalam keterangannya kepada Kanal Media Unpad mengatakan, keikutsertaan Unpad dalam kegiatan tahun ini memperkuat nuansa keunikan program delegasi Kemdikbudristek RI. 

Dalam acara tersebut, Unpad memperkenalkan empat program kemitraan internasional unggulan yang selama ini telah dijalankan bersama dengan mitra perguruan tinggi internasional. 

Keempat program tersebut adalah “Online Class for International Student”, “Double Degree Program for International Student”, “Mobility/ Exchange Program for Graduate and Lecture”, dan “Summer Course Mobility/Exchange Program for Students”.

Fahmi mengatakan, program “Online Class for International Student” memberikan kesempatan untuk membuka cakrawala baru bagi mahasiswa untuk mengalami paparan global, serta mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan program akademik secara online terspesialisasi dengan mitra di seluruh dunia. 

Sementara program “Double Degree Program for International Student” memungkinkan mahasiswa mendapatkan dua gelar sekaligus pada berbagai program studi, sehingga menghemat waktu dan keuangan.

Pada program “Mobility/ Exchange Program for Graduate and Lecture”, Unpad mengajak para akademisi internasional bereputasi untuk turut membimbing mahasiswa program pascasarjana dan doktoral serta terlibat dalam publikasi ilmiah internasional. 

Yang terakhir, yaitu program “Summer Course Mobility/Exchange Program for Students”, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa internasional untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan mengalami budaya Sunda secara bersamaan.

Unpad membuka kesempatan kolaborasi dalam keempat program tersebut dengan universitas-universitas terkemuka di USA, termasuk di antaranya adalah: Brown University, RICE, Auburn University, Georgetown University, John Hopkins University, Rutgers University, George Washington University, Harvard University, University of Chicago, University of Colorado, Yale University, Cornell University, Boston University, University of Calgary, Columbia University, dan juga Duke University.

Selain itu, lanjut Fahmi, kegiatan NAFSA tahun ini juga membuka kesempatan Unpad untuk menjalin kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan tinggi lain yang berasal dari berbagai negara, seperti: RheinMain University of Applied Sciences, University of Pecs, Tokai University, Chulalangkorn University, China Medical University, TR Istanbul Aydin University, Tzu Chi University of Science and Technology, dan Korea University of Technology & Education.

“Dengan keikutsertaan Unpad dalam 75th NAFSA Annual Conference & Expo, Unpad telah melaksanakan visinya yaitu membuka diri untuk menebarkan manfaat dan bereputasi dunia,” kata Fahmi.

NAFSA sendiri didirikan pada 1948 oleh institusi pendidikan tinggi di AS dengan tujuan membantu, membimbing, dan mengarahkan mahasiswa asing yang sedang mencari tempat untuk belajar dengan kebutuhan yang beragam serta kompetensi yang terspesialisasi.

Melalui kegiatan konferensi dan pameran tahunan ini, NAFSA membuka kemungkinan terjalinnya kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di dunia yang memiliki program yang sesuai dengan visinya. Salah satunya adalah Universitas Padjadjaran. 

“Sepanjang sejarahnya sampai saat ini, Unpad telah memiliki berbagai program studi yang telah terakreditasi internasional disertai program-program yang sesuai dengan komitmen NAFSA,” pungkas Fahmi.

Dalam ajang tersebut, selain Fahmi, turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief S. Kartasamita, Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Yanyan M. Yani, serta Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Rizky Abdullah. (rilis/ds/mf)*

Share this: