Suasana sosialisasi Magister Statistika Terapan bertajuk“Mastering Big data: Exploring Opportunities and Challenges with Master of Applied Statistics Program FMIPA Unpad” secara daring, Rabu 31 Mei 2023 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Program Magister Statistika Terapan FMIPA Universitas Padjadjaran menyelenggarakan sosialisasi Magister Statistika Terapan bertajuk “Mastering Big data: Exploring Opportunities and Challenges with Master of Applied Statistics Program FMIPA Unpad” secara daring, Rabu 31 Mei 2023 lalu.

Acara tersebut menghadirkan pemateri Ketua Program Studi Magister Statistika Terapan, Dr. I Gede Nyoman Mindra Jaya, M.Si, dan Ketua Pusat Riset Artificial Intelligence dan Big Data Dr. Anindya Apriliyanti Pravitasari, S.Si., M.Si. Dalam paparan tersebut, kedua pembicara menjelaskan betapa pentingnya peran statistisi dalam era big data.

“Program Magister Statistika Terapan di FMIPA Unpad telah mempersiapkan diri untuk mengambil peran penting dalam menghadapi tantangan dan peluang yang muncul di era ini. Program ini menawarkan lima konsentrasi studi yang salah satunya adalah data sains, yang memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh kemampuan dalam mengelola dan menganalisis data besar,” jelas Mindra kepada peserta.

Lebih lanjut Mindra menjelaskan, Statistisi yang menguasai big data memegang peran krusial dalam menghadapi era informasi yang kaya akan data.

“Mereka membantu mengelola, menganalisis, dan menginterpretasikan data besar, serta memberikan wawasan berharga bagi pengambilan keputusan yang lebih baik dan pengembangan solusi yang lebih efektif. Dengan kemampuan ini, statistisi dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam berbagai industri dan disiplin ilmu,” ujar Mindra.

Pada kesempatan tersebut, Anindya juga menjelaskan kepada peserta mengenai machine learning dan sejumlah proyek yang bisa diikuti jika bergabung di Magister Statistika Terapan. Acara sosialisasi ini diikuti dari sejumlah peserta dari berbagai instansi, termasuk lingkungan kampus dan praktisi dari dunia kerja.

“Dengan adanya acara sosialisasi ini, diharapkan peserta dapat memahami pentingnya keterampilan statistik dalam menghadapi era big data, dan mempertimbangkan jalur formal melalui program Magister Statistika Terapan di FMIPA Unpad sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola dan menganalisis data dalam skala yang besar,” harap Mindra. (rilis)*


Share this: