Srikandi BUMN
Direktur Human Capital Bio Farma dr. Endang Suraningsih, M.M., menyampaikan paparan di hadapan mahasiswa Universitas Padjadjaran dalam acara “Srikandi BUMN Goes to Campus” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (15/6/2023). (Foto: Juli Hantoro)*

Laporan oleh Salsabila Diah Diometa

[Kanal media Unpad] Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan Institut Pembangunan Jabar-Unpad (Injabar Unpad), Srikandi BUMN, dan Bio Farma melaksanakan acara “Srikandi BUMN Goes to Campus” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (15/6/2023).

Acara ini dihadiri oleh pimpinan Unpad, pimpinan Injabar Unpad, serta pimpinan BUMN, termasuk Srikandi BUMN dan Bio Farma. Mahasiswa serta alumni Unpad dari berbagai fakultas di Unpad pun turut menghadiri kegiatan ini.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menyebutkan bahwa acara yang digagas oleh InJabar Unpad ini bertujuan untuk menggerakkan hati generasi muda untuk memiliki mimpi yang tinggi. Dikatakan oleh Rektor, seluruh hadirin yang ada di tempat memiliki kesempatan yang sama untuk berkiprah bersama BUMN menuju Indonesia Emas 2045.

“Pasti di antara hadirin disini siap membangun bangsa indonesia menjadi Indonesia maju 2045 bersama BUMN. Jadi, kita doakan semua yang hadir yang bercita-cita bekerja di BUMN dapat dikabulkan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Rektor berkata bahwa Unpad termasuk salah satu perguruan tinggi yang memiliki proporsi mahasiswanya lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki. Jadi, Unpad dapat berbesar hati untuk membuktikan bahwa prestasi antara perempuan dan laki-laki itu sama.

Alumni perempuan Unpad pun banyak yang telah mendapatkan karier yang tinggi, yaitu sebagai CEO atau manajer dalam perusahaan.

“Jadi, khusus hari ini mahasiswa perempuan dan alumni perempuan tolong jangan rendah cita-citanya. Jadi, bukan hanya menjadi karyawan BUMN. Tancapkan cita-citanya menjadi CEO BUMN,” lanjutnya.

Direktur Human Capital Bio Farma dr. Endang Suraningsih, M.M. Psikologi turut mengisi acara sebagai pembicara pada acara ini. Endang menyebutkan bahwa Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan keterwakilan perempuan menjadi 30%. Selain itu, BUMN sendiri memiliki 25% kepemimpinan perempuan dalam jajaran petingginya.

“Dan berita gembiranya, Ibu Rektor tadi menyampaikan ada lebih dari 50% perempuan ,baik mahasiswa maupun dosen yang ada di Universitas Padjadjaran ini. Jadi, itu salah satu alasan mengapa kami memilih Unpad menjadi satu dari dua puluh lima perguruan tinggi (yang menjadi) bagian dari roadshow,” ungkapnya.

Lebih lanjut Endang juga menyampaikan bahwa kontribusi BUMN pada Indonesia terbilang besar. Dijelaskan olehnya, pada 2017-2019 total kontribusi BUMN adalah 1.130 T. Kemudian, terjadi peningkatan di 2020-2022 kemarin dengan total kontribusi sebanyak 1.198 T. Selanjutnya di awal tahun 2020 pandemi merebak di seluruh dunia. Kendati demikian, BUMN terus berkontribusi secara konsisten.

“BUMN di dalam berkontribusi, juga (berperan) sebagai value creator dan agent of development untuk long term sustainability. Dalam konteks ini, BUMN dipastikan dalam pertumbuhan bisnisnya itu memitigasi resiko dengan berjalan memastikan seluruh strategi pertumbuhan bisnis BUMN tetap berpegang teguh pada manajemen resiko yg baik” jelasnya lebih lanjut.

Selain dr. Endang, acara juga diisi oleh dua narasumber lainnya, yaitu Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad sekaligus Kepala Divisi Layanan Human Capital Bio Farma Ema Asmarawati mengenai perkenalan umum Bio Farma serta Dewa Eksekutif Bio Farma Rahman Roestam mengenai kesehariannya dulu saat menjalani perkuliahan di Fakultas Farmasi Unpad. (art)*

Share this: