Unpad Ajak 400 Mahasiswa Indonesia Gabung Program Wirausaha Merdeka

Direktur Pusat Inkubasi Bisnis/Oorange Universitas Padjadjaran Rivani, M.M., DBA., memamparkan mengenai Program Wirausaha Merdeka dalam sosialisasi program Wirausaha Merdeka Unpad yang dilaksanakan secara daring pada Senin (26/6/2023).*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran mengajak 400 mahasiswa Indonesia yang berminat di dunia kewirausahaan untuk tergabung dalam Wirausaha Merdeka Unpad. Tahun ini, Unpad dipercaya menjadi salah satu penyelenggara Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek RI.

“Alhamdulillah pada tahun ini Unpad diamanahi untuk menjadi host di Wirausaha Merdeka, di mana dari 32 universitas, Unpad salah satunya. Kurang lebih 400 kesempatan untuk para mahasiswa bisa mengikuti wirausaha disini,” kata Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T. dalam sosialisasi program Wirausaha Merdeka Unpad yang dilaksanakan secara daring pada Senin (26/6/2023).

Kegiatan Wirausaha Merdeka ini pun akan disinergikan dengan program “Unpadpreneur”. Dikatakan Boy, sejumlah program hibah kewirausahaan Unpad bersinergi untuk menjadikan para mahasiswa memiliki passion di wirausaha.

“Ini saya yakin akan sangat membantu ke depannya untuk para mahasiswa kita dan mahasiswa Indonesia,” kata Boy.

Pada kesempatan ini Direktur Pusat Inkubasi Bisnis/Oorange Unpad Rivani, MM., DBA. mengatakan bahwa 400 peserta yang akan diterima terdiri dari 60% mahasiswa Unpad dan 40% mahasiswa luar Unpad.

“Di program ini kita benar-benar difasilitasi untuk mengenal satu sama lain yang tidak hanya sesama Unpad saja tapi juga di luar Unpad. Jadi kesempatan untuk memfasilitasi kita berjejaring,” ujar Rivani.

Program Wirausaha Merdeka Unpad memberikan beberapa benefit berupa kurikulum wirausaha internasional, metode dan media pembelajaran yang aktif dan bervariasi, terdapat opsi level (startup atau scaleup), serta variasi media pembelajaran.

“Karena kami yakin wirausaha itu benar-benar belajarnya memang harus aktif, makanya variasinya seperti studi kasus, diskusi, kunjungan, simulasi, dan game, lalu berbasis proyek,” jelasnya.

Kegiatan ini pun akan menghadirkan narasumber yang terdiri dari 70% praktisi bisnis dan 30% akademisi. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan fasilitas yang lengkap seperti dana stimulan, serta akses pada ekosistem Oorange Unpad.

Sebagai bagian dari kegiatan MBKM, peserta juga dapat mengkonversi kegiatan ini dengan 20 SKS, serta mendapat transkrip nilai, logbook, report, dan sertifikat.

Rivani juga menyampaikan bahwa sasaran peserta pada program ini adalah mahasiswa aktif perguruan tinggi di bawah Dikti. Selain itu, bagi mahasiswa yang pernah mendaftar WMK tetapi tidak lolos, maka bisa daftar kembali di PT lainnya. Peserta juga belum pernah atau tidak sedang mengikuti program MBKM lainnya.

Pendaftaran untuk program Wirausaha Mahasiswa Unpad ini dibuka hingga 10 Juli 2023. Formulir pendaftaran dapat diakses di https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemendikbud.go.id

“Karena pesertanya sangat terbatas, jadi silahkan jangan ragu-ragu untuk cepat mendaftar,” ajak Rivani.

Sosialisasi ini menampilkan narasumber Dosen Prodi Administrasi Bisnis FISIP Unpad Cecep Safaatul Barkah, MBA, dengan topik “Ekosistem Kewirausahaan di Unpad”. (arm)*

Share this: