Suasana Sosialisasi Peraturan Rektor Unpad No 15 Tahun 2021 Tentang Pedoman dan Standard Operating Procedur (SOP) Keprotokolan di Lingkungan Unpad yang diselenggarakan di Unpad Training Center Hotel, Bandung. Rabu (26/7/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Rektor Unpad No 15 Tahun 2021 Tentang Pedoman dan Standard Operating Procedur (SOP) Keprotokolan di Lingkungan Unpad yang diselenggarakan di Unpad Training Center Hotel, Bandung. Rabu (26/7/2023).

Direktur Tata Kelola, Legal dan Komunikasi Unpad, Prof. Dr. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H.,CN. dalam sambutannya mengatakan, peran protokol bukan sekadar mempersiapkan segala sesuatunya sebelum pejabat instansi terkait melakukan kunjungan kerja. Lebih dari itu tugas protokol sangat strategis karena dapat ikut meningkatkan pembentukan citra sebuah organisasi atau institusi.

“Protokol memegang peran penting untuk bertanggung jawab terhadap sukses tidaknya sebuah kegiatan yang dilaksanakan baik instansi pemerintah ataupun swasta,” ujar Prof. Isis dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Dalam kegiatan ini Koordinator Protokol Unpad, St. Intan Ratna Dewi selaku narasumber beserta tim protokol Unpad menjelaskan tentang dasar-dasar keprotokolan dan juga melakukan simulasi beberapa acara yang menjadi agenda rutin yang diselenggakaran oleh Unpad dan seluruh fakultas di lingkungan Unpad, yaitu Upacara Dies Natalis (Orasi Ilmiah), Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru, Upacara Pelantikan dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama.

Setelah menyaksikan simulasi yang diperagakan oleh Tim Protokol Unpad, peserta yang merupakan manajer sumber daya, perencanaan, dan sistem informasi, serta staf pengelola kegiatan fakultas di lingkungan Unpad dibagi menjadi empat kelompok.

Setiap kelompok diwajibkan untuk memperagakan kembali di hadapan peserta lain. Seluruh peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara ini. Hal ini terlihat dari keseriusan, keaktifan dan keterlibatan peserta selama kegiatan ini berlangsung.

Prof. Isis pun berharap, seluruh peserta dapat memperhatikan dan mengikuti acara ini dengan baik agar dapat diaplikasikan di fakultas masing-masing. Dengan demikian, setiap upacara yang diselenggarakna di setiap fakultas di lingkungan Unpad dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Padjadjaran No 15 Tahun 2021 Tentang Pedoman dan Standard Operating Procedur (SOP) Keprotokolan di Lingkungan Unpad. (rilis/marlina)*

Share this: