Mahasiswa Kearsipan Digital Ikuti Uji Kompetensi Pengelolaan Arsip Berbasis Digital

Mahasiswa tingkat tiga Prodi Kearsipan Digital FISIP Unpad mengikuti Uji Kompetensi Pengelolaan Arsip Berbasis Digital di Ruang Rapat Bersama 2 Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (17/10/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Nur Aini Rasyid

[Kanal Media Unpad] Program Studi Sarjana Terapan Kearsipan Digital Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran menggelar Uji Kompetensi Pengelolaan Arsip Berbasis Digital di Ruang Rapat Bersama 2 Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (17/10/2023).

Uji kompetensi yang merupakan bentuk kerja sama dari Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) Unpad dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini diikuti oleh 33 orang mahasiswa tingkat tiga Program Studi Kearsipan Digital FISIP Unpad.

“Kegiatan uji kompetensi ini adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa D-4. Mahasiswa D-4 tidak bisa melaksanakan ujian sidang apabila belum mempunyai sertifikat BNSP,” ucap Ketua Program Studi Kearsipan Digital FISIP Unpad Dr. Drs. Rahman Mulyawan, M.Si.

Dalam sambutannya, Sekretaris Program Pendidikan Vokasi Dr. Muhammad Fadhillah, M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan sertifikasi kompetensi ini sudah difasilitasi oleh Unpad. Dengan demikian, selain mempunyai ijazah, lulusan prodi ini juga mempunyai sertifikat kompetensi dari BNSP yang diakui secara nasional, bahkan Asia Tenggara.

“Mohon ketika teman-teman sudah direkomendasikan kompeten dan sudah menerima sertifikat dari BNSP itu, mohon keahliannya tetep diasah dan dijaga untuk tetap membawa nama baik diri temen-temen dan institusi juga,” pesan Fadil kepada mahasiswa.

Meskipun Program Studi Kearsipan Digital FISIP Unpad tahun sebelumnya sudah menyelenggarakan uji kompetensi, tahun ini merupakan kali pertama skema Pengelolaan Arsip Berbasis Digital ini dilaksanakan secara mandiri.

“Tahun kemarin itu masih dalam proses pendaftaran skema ke BNSP. Alhamdulillah tahun ini sudah terverifikasi, sehingga mulai dari sekarang kita sudah menggunakan skema mandiri,” jelas Kepala Kantor LSP Unpad Syariful Mubarok, M.Sc., PhD.

Asesor Kearsipan Digital LSP Unpad Okki Mahendra Daniswara, S.Si., MT., juga menjelaskan bahwa mahasiswa akan dinyatakan kompeten berdasarkan tiga hal, yaitu pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), sikap dan perilaku (attitude). (art)*

Share this: