Mahasiswa asing asal Tiongkok menampilkan pertunjukan seni dalam acara International Student Orientation 2023 “Global Spirit for Global Pride” yang digelar di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (10/10/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 73 mahasiswa asing Universitas Padjadjaran  mengikuti International Student Orientation 2023 “Global Spirit for Global Pride” pada 10 dan 12 Oktober 2023. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., PhD. di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (10/10/2023).

Dalam sambutannya, Prof. Arief berterima kasih kepada para mahasiswa asing yang telah memilih Unpad untuk menjalankan studi.  Saat ini, Unpad terus meningkatkan kiprahnya bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di tingkat internasional.

“Saat ini Unpad terus meningkatkan internasionalisasi, dan kami bangga menerima kalian di sini,” kata Prof. Arief kepada mahasiswa asing.

Mahasiswa pun diharapkan mendapat pengalaman menyenangkan selama di Indonesia, terutama Unpad. Pengalaman budaya yang diperoleh mahasiswa selama di Indonesia pun diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam hidup mahasiswa.

“Saya harap kalian dapat menikmati atmosfer yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Barat, di mana Jawa Barat dikenal sebagai provinsi yang menyenangkan,” kata Prof. Arief.

Prof. Arief berharap, mahasiswa dapat turut mempelajari keberagaman yang ada di Indonesia, terutama Jawa Barat. Keberadaan mahasiswa asing di Unpad pun diharapkan dapat memberi manfaat kepada mahasiswa Unpad lainnya untuk melihat ragamnya kebudayaan dari berbagai negara.

Kepala Kantor Internasional Ronny, dr., M.Kes., AIFO, PhD mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 68 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 3 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), 2  mahasiswa Fakultas MIPA.

Kegiatan ini diikuti mahasiswa asing dari China, Korea Selatan, Thailand, Myanmar, Jepang, Pakistan, Rwanda, Filipina, Tanzania, Vietnam, dan Malaysia. Mereka berasal dari berbagai program, yaitu student exchange, Damasiswa RI, dan short course, Kemitraan Negara Berkembang, Beasiswa Unpad, dan Double Degree.

“Saya sangat senang menerima kalian di Unpad. Semoga kalian nyaman disini,” harap Ronny. Kegiatan orientasi dilaksanakan dalam dua hari, dengan kegiatan meliputi pemaparan materi keunpadan, materi terkait imigrasi, serta pengenalan seni dan budaya. (arm)*

Share this: